SOSIALISASI PERAN GURU OLAHRAGA TERHADAP PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENJAS DI SEKOLAH MELALUI PERMAINAN GATEBALL DI KABUPATEN ASAHAN

Authors

  • Andreas Lubis Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Arman Bemby Sinaga Farmasi, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan Universitas Sari Mutiara Indonesia. Medan, Sumatera Utara, Indonesia.
  • Lius Luaha Sistem Informasi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Sari Mutiara Indonesia. Medan, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6234

Keywords:

Pembelajaran, Penjas, Gateball

Abstract

Pembelajaran penjas yang menyenangkan bagi siswa merupakan tanggung jawab seorang guru olahraga. Salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan adalah dengan menggunakan metode permainan. Kegiatan pengabdian Masyarakat dengan judul “Sosialisasi Peran Guru Olahraga terhadap Peningkatan Pembelajaran Penjas di Sekolah melalui Permainan Gateball di Kabupaten Asahan” adalah salah satu pendekatan agar para guru olahraga bisa menerapkan pembelajaran penjas yang menyenangkan bagi para siswa. Kegiatan ini memberikan pemahaman kepada guru akan peran mereka dalam meningkatkan pembelajaran penjas disekolah melalui permainan gateball.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Tarbawy: Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Ihsan, E., Syafruddin, & Nila, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Inpres Sangiang Wera. Jupe: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(1).

Magdalena, I., & Luthfiyah, J. (2020). Strategi Guru Dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di SD Negeri Tangerang 5. Edisi: Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 151–168. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Permasih, D., Lestari, A. H., & Hernawan, A. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 3(April), 1489–1497. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._kurikulum_dan_tek._pendidikan/19460 1291981012-permasih/pengembangan_bahan_ajar.pdf

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Downloads

Published

2025-07-09