PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA SMK TERHADAP PERAN ILMU KIMIA DALAM INDUSTRI MELALUI KEGIATAN SEMINAR DI SMK NEGERI 1 AIR PUTIH

Authors

  • Vivi Purwandari Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Hestina Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Liver Iman Putra Zai Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Oktafiani Harefa Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Jhoni Alman Tafonao Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Sowua Putra Hia Fakultas Sains, Teknlogi dan Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6208

Keywords:

seminar edukatif, ilmu kimia, industri, siswa SMK, pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Ilmu kimia memiliki peran penting dalam berbagai sektor industri seperti pangan, tekstil, farmasi, dan pengolahan limbah. Namun, pemahaman siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap aplikasi ilmu kimia dalam dunia industri masih terbatas. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMK mengenai penerapan ilmu kimia dalam industri melalui seminar edukatif. Metode kegiatan meliputi observasi awal, penyusunan materi, pelaksanaan seminar interaktif, serta evaluasi melalui pretest dan posttest. Seminar dilaksanakan di SMK Negeri 1 Air Putih dengan jumlah peserta sebanyak 60 siswa kelas XI. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan rata-rata skor pemahaman siswa dari 52,3 (pretest) menjadi 81,6 (posttest). Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan wawasan dan motivasi siswa terhadap pentingnya ilmu kimia dalam dunia kerja. Kesimpulannya, seminar edukatif berbasis kontekstual merupakan pendekatan yang tepat dalam mendekatkan ilmu kimia dengan kebutuhan industri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020) Peta Jalan Pendidikan Vokasi 2020–2024. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Mulyani, S. (2021) ‘Peranan Ilmu Kimia dalam Pengembangan Industri Ramah Lingkungan di Indonesia’, Jurnal Ilmu dan Teknologi Lingkungan, 17(1), pp. 1–8. doi:10.1234/jitl.v17i1.2021.

Yuliana, M. (2020) ‘Green Chemistry dalam Perspektif Pendidikan dan Industri Ramah Lingkungan’, Jurnal Kimia dan Pendidikan, 5(2), pp. 45–52. doi:10.31227/jkp.v5i2.2020.

Zumdahl, S.S. dan Zumdahl, S.A. (2014) Chemistry. 9th edn. Boston: Cengage Learning.

Downloads

Published

2025-07-09