IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN LYNK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI SDN 066656 KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6189Keywords:
Media Pembelajaran, Lynk, Kompetensi GuruAbstract
Pengabdian kepada masyarakat adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan oleh para dosen sebagai salah satu kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi sebagai aplikasi atau penerapan ilmu yang sudah ada. Dalam Pegabdian kepada Masyarakat di SDN No. 066656 Kota Medan penerapan Teknologi Informasi merupakan sebuah Langkah yang akan dilaksanakan kegiatan ini, Teknologi Informasi diharapkan dilakukan pada kegiatan ini agar guru SD memahami fungsi Lynk. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui implementasi media pembelajaran berbasis platform Lynk. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran menjadi salah satu upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam hal penguasaan media digital yang interaktif dan mudah diakses. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi tahap sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi Lynk, pendampingan pembuatan media pembelajaran, serta evaluasi efektivitas penerapan Lynk dalam kegiatan belajar mengajar. Peserta dalam kegiatan ini adalah guru-guru yang belum familiar dengan penggunaan Lynk. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru memperoleh peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam membuat serta memanfaatkan media pembelajaran berbasis Lynk secara mandiri. Selain itu, terdapat peningkatan motivasi guru dalam mengintegrasikan teknologi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pengembangan kompetensi guru berbasis teknologi yang dapat diadaptasi di berbagai satuan pendidikan.
Downloads
References
Abdul Sakti. 2023. “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik 2(2):212–19. doi:10.55606/juprit.v2i2.2025.
Gilipanda, Muhammadiyah, Fitri Andriani, Abdul Haris, and Kata Kunci. 2025. “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SD Muhammadiyah Gilipanda Kota Bima Tahun Pelajaran 2024/2025 Application of Digital Technology-Based Learning Media in Indonesian Language Subjects at SD.” doi:10.61227.
Ningsih, Elisa Pitria. n.d. Implementasi Teknologi Digital Dalam Pendidikan: Manfaat Dan Hambatan.
Rianto Sitanggang, Immanuel H. G. Manurung, Harold Situmorang, Program Studi, Sistem Informasi, and Fakultas Sains. 2024. Quillbot Sebagai Media Edukasi Bagi Guru UPT SDN 060883 Kota Medan. Vol. 5. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2005). Instructional Media and Technologies for Learning (8th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rianto Sitanggang, Harold Situmorang, Junetty Enjelina Sitorus, Ronald Fernando Situmeang, Iswal Lumban Tobing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










