PENINGKATAN KREATIVITAS GURU MTS. AL HIJRAH NU MEDAN MELALUI PELATIHAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA
DOI:
https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6163Keywords:
Transformasi Digital, Media Pembelajaran, Canva, Peningkatan Keterampilan, dan Pembelajaran Berbasis TeknologiAbstract
Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk mampu merancang media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan relevan dengan karakteristik generasi digital. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Pelatihan dilaksanakan di MTs Al Hijrah NU Medan, diikuti oleh 15 guru dari berbagai mata pelajaran. Metode pelatihan meliputi pemberian materi teori tentang prinsip desain pembelajaran, demonstrasi penggunaan Canva, praktik langsung membuat media, serta presentasi dan evaluasi hasil karya peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa 82% peserta mengalami peningkatan kreativitas dan keterampilan dalam merancang media pembelajaran setelah pelatihan. Sebagian besar guru mampu menghasilkan media interaktif seperti poster, infografis, dan presentasi digital dengan tampilan visual yang menarik dan konten yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Respon peserta terhadap pelatihan juga sangat positif, dengan 92% menyatakan bahwa pelatihan ini relevan dan bermanfaat untuk diterapkan dalam proses pembelajaran. Pelatihan ini memberikan kontribusi nyata dalam membangun kapasitas guru menuju pembelajaran berbasis teknologi yang lebih kreatif dan inovatif.
Downloads
References
Bannang, A., Uloli, R., & Abdjul, T. (2023). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Fluida Statis. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 09(1). https://doi.org/10.37905/aksara.9.1.749-760.2023
Damanik, H. P. (2025). Inovasi Media Visual dan Digital dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Abad Ke-21. JURNAL KUALITAS PENDIDIKAN, 3(1), 2025. https://ejournal.edutechjaya.com/index.php/jkp|
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Haryati, L. F., Guru, P., & Dasar, S. (2022). ANALISIS EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DITINJAU DARI HASIL BELAJAR GEOMETRI MAHASISWA GURU SEKOLAH DASAR. Journal of Elementary Education, 05.
Hadiyanti, P. O., Juliana, S., Oktadela, R., Ferazona, S., & Nukman, M. (2025). TRANSFORMASI PEMBELAJARAN INTERAKTIF: PELATIHAN MODUL DIGITAL DENGAN PENA AJAIB CANVA DAN ICE BREAKING KAHOOT DI SDN 141 PEKANBARU. Hawa : Jurnal Pemberdayaan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 27–33. https://hawajppm.yayasanwayanmarwanpulungan.com/index.php/HAWAJPPM
Inliati, I., Muhammadiah, M., & Burhan, B. (2024). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SDN Kanreapia, Kabupaten Gowa. Bosowa Journal of Education, 5(1), 90–96. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5307
Kaharuddin, K., Hajar, S., Marwan, A., & Amna, N. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Digital Di MTS Mattirowalie Kabupaten Bulukumba. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 170–179.
Kyza, E. A. (2023). Technology-Enhanced Learning: A Learning Sciences Perspective. In J. M. Spector, B. B. Lockee, & M. D. Childress (Eds.), Learning, Design, and Technology: An International Compendium of Theory, Research, Practice, and Policy (pp. 221–244). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17461-7_56
Lu, C., Bulut, O., Demmans Epp, C., & Gierl, M. (2025). Impacts of engagement on academic outcomes in technology-enhanced learning. Distance Education, 46(2), 318–337. https://doi.org/10.1080/01587919.2024.2373297
Mayer, R. E. (2014). Cognitive Theory of Multimedia Learning. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge Handbook of Multimedia Learning (2nd ed., pp. 43–71). Cambridge University Press. https://doi.org/DOI: 10.1017/CBO9781139547369.005
Murwaningtyas, C. E., Gunawan, M. T., Turnip, G., Maharani, W., Lyany, E. G., Tapo, M. M., Kuling, O., Puspaningrum, F. D., Putri, A. L. A. I., Pratini, H. S., & Krisnamurti, C. N. (2025). Data Literacy Training as a Support for Student Engagement in the Voice of Democracy Theme. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 415–427. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v9i2.23531
Nurindah, S., Surani, D., & Hidayat, A. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Kelas 8 SMP IT Bina Bangsa. JCRD: Journal of Citizen Research and Development, 424.
Prasetyaningrum, P. T., Ibrahim, N., & Suria, O. (2025). PELATIHAN DESAIN GRAFIS DAN GAMIFIKASI UNTUK PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF. 9(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v9i3.31189
Ristiana, E., Muis, A., Arsal, Af., & Yasin, Y. K. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru SD Negeri Mandai Kota Makassar. Jurnal Hasil Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 71–76. https://doi.org/xx.xxxxx/jhp2mxxxxxxxxxHal71dari76
Sugiarto, B., Prasetya, A., & Nur, S. (2025). Transformasi Digital Madrasah di Era Industri 4.0 Pengalaman Pengabdian Masyarakat di Kecamatan Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo. SELAYAR: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 91–97.
Syafa, A., Huda, atul, Sabila, A., Yudistira, A., Lani Rosita, B., Sunarti, D., & Rifai, T. (2024). Meningkatkan Literasi Media Pada Guru Untuk Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 767–773. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i12.1212
Tullah, R., Hana Saputri, F., Kurniawan, A., Ayu Maharani, A., Afifil Gina, A., & Luthfi Nurmansyah, M. (2024). Pelatihan Pembuatan Design Poster Menggunakan Canva Pada Anak Sekolah Dasar ARTICLE HISTORY. 3(1), 1–4. https://doi.org/10.38101/jpeg.v3i1.10842
Yanuarti, M., Asmarawati, E., Putra, A., Studi Manajemen, P., & Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang, F. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Pada Guru Smk Pgri 39 Jakarta. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Kreasi Mahasiswa Manajemen, 4(2), 161–166. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/KMM/index
Yulianti, W., & Mahpudin, A. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 1 Kuningan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(4), 5274–5281. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i4.1758
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fadhillah Azmi, Amir Saleh, Muhammad Riki Atsauri, Nanda Novita, Mega Puspita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










