KREASI KONTEN KREATIF: UPAYA MEMPROMOSIKAN UMKM PASAR RAYA MMTC MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6156Keywords:
konten kreatif, media sosial, UMKMAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada promosi UMKM di Pasar Raya MMTC, khususnya UD. Sayur Fresh Teresia. Salah satu keberhasilan UMKM saat ini sangat bergantung pada strategi pemasaran yang tepat, harga kompetitif, dan kualitas produk yang terjamin. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu meningkatkan penjualan produk UMKM melalui pemanfaatan media sosial. Dengan harapan terjalin hubungan baik antara tim PKM dan masyarakat. Tim menganalisis bahwa UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian Indonesia tetapi sering terhambat oleh keterbatasan akses informasi dan teknologi, menjadikan digitalisasi dan strategi pemasaran inovatif sangat penting. Solusi yang ditawarkan meliputi pembuatan konten kretif untuk mempromosikan UMKM UD. Sayur Fresh Teresia melalui berbagai platform. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasar Raya MMTC, dengan langkah-langkah seperti koordinasi dengan pemilik UMKM, partisipasi dalam penjualan, membantu melayani pelanggan, dan promosi produk di media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan pelaksanaan yang baik, mendapatkan perhatian positif dari masyarakat sekitar, dan meningkatkan visibilitas produk UMKM. Masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan ini yaitu peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi, dengan saran agar kegiatan serupa terus dilakukan oleh tim PKM dan pemerintah mendukung penggunaan media sosial bagi UMKM.
Downloads
References
R. I. Afifah and A. S. Wiyono, “Pengaruh Penggunaan Website, Media Sosial Instagram, Dan Tiktok Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk …,” 2023.
N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 6, p. 4888, Dec. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i6.11216.
A. Diniati, M. A. S. Sutarjo, and I. Primasari, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 553–561, Jul. 2023, doi: 10.59395/altifani.v3i4.458.
Aun Ramlah Maharani, Ponirin Ponirin, Ira Nuriya Santi, and Rian Risendy, “Efektivitas Penggunaan Iklan Instagram sebagai Media Promosi UMKM,” J. Kaji. dan Penelit. Umum, vol. 2, no. 1, pp. 213–226, Jan. 2024, doi: 10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.866.
R. Herfiansyah, A. S. Ramadhan, I. Fadlurrahman, M. Suryanegara, and R. P. Setyaningrum, “Pemanfaatan Konten Digital untuk Promosi Produk Batik Bekasi di Toko Batik Canting Ayu: Strategi Pengembangan UMKM Lokal,” Lentera Pengabdi., vol. 2, no. 04, pp. 382–385, Jan. 2025, doi: 10.59422/lp.v2i04.736.
D. S. Laksono, A. A. Jondy, J. Caesar, M. S. Gultom, and T. Yuliani, “Memaksimalkan Canva Untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Promosi UMKM di Media Sosial,” vol. 1, no. 1, pp. 18–24, 2025.
N. Novita and R. Sundari, “DEMONSTRASI PEMBUATAN KONTEN KREATIF PADA MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PRODUK UMKM,” J. Pengabdi. Kompetitif, vol. 2, no. 2, pp. 86–91, Jan. 2024, doi: 10.35446/pengabdian_kompetif.v2i2.1630.
S. J. Raharja and S. U. Natari, “Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 108, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i1.32361.
S. U. Suhita, F. A. Rosyada, and M. Rifani, “Pengaruh Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Sahmiyya, vol. 1, no. 2, pp. 229–236, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/sahmiyya/article/view/5799
M. Lani Purba, E. Tambunan, and M. Siregar, “Pembentukan Karakter di Era Digital dan Media Sosial Bagi Muda Mudi HKBP Rogate Medan,” J. Abdimas Mutiara, vol. 5, no. 1, pp. 94–98, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM
E. Tambunan, M. L. Purba, D. P. Sirait, and W. Gulo, “Penerapan Digital Marketing Bagi Generasi Muda HKBP Rogate Medan,” vol. 5, no. 2, pp. 215–218, 2024.
M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, Nov. 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mery Purba, Tohonan Silalahi, Restiani Lahagu, Rinciani Zamili, Fatinolinia Hulu, Merlin Citra Hondro, Simon Loi, Hizkia Zebua, Samson Pangaribuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










