KREASI KONTEN KREATIF: UPAYA MEMPROMOSIKAN UMKM PASAR RAYA MMTC MEDAN

Authors

  • Mery Purba Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Tohonan Silalahi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Restiani Lahagu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Rinciani Zamili Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Fatinolinia Hulu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Merlin Citra Hondro Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Simon Loi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Hizkia Zebua Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia
  • Samson Pangaribuan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, 20131, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6156

Keywords:

konten kreatif, media sosial, UMKM

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berfokus pada promosi UMKM di Pasar Raya MMTC, khususnya UD. Sayur Fresh Teresia. Salah satu keberhasilan UMKM saat ini sangat bergantung pada strategi pemasaran yang tepat, harga kompetitif, dan kualitas produk yang terjamin. Tujuan utama kegiatan ini adalah membantu meningkatkan penjualan produk UMKM melalui pemanfaatan media sosial. Dengan harapan terjalin hubungan baik antara tim PKM dan masyarakat. Tim menganalisis bahwa UMKM memiliki peran vital dalam perekonomian Indonesia tetapi sering terhambat oleh keterbatasan akses informasi dan teknologi, menjadikan digitalisasi dan strategi pemasaran inovatif sangat penting. Solusi yang ditawarkan meliputi pembuatan konten kretif untuk mempromosikan UMKM UD. Sayur Fresh Teresia melalui berbagai platform. Kegiatan ini dilaksanakan di Pasar Raya MMTC, dengan langkah-langkah seperti koordinasi dengan pemilik UMKM, partisipasi dalam penjualan, membantu melayani pelanggan, dan promosi produk di media sosial. Hasil kegiatan menunjukkan pelaksanaan yang baik, mendapatkan perhatian positif dari masyarakat sekitar, dan meningkatkan visibilitas produk UMKM. Masyarakat mendapatkan manfaat dari kegiatan ini yaitu peningkatan keterampilan dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi, dengan saran agar kegiatan serupa terus dilakukan oleh tim PKM dan pemerintah mendukung penggunaan media sosial bagi UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. I. Afifah and A. S. Wiyono, “Pengaruh Penggunaan Website, Media Sosial Instagram, Dan Tiktok Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk …,” 2023.

N. P. N. Anggraini, N. W. Rustiarini, and I. K. S. B. Satwam, “OPTIMALISASI PEMASARAN DIGITAL BERBASIS MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 6, p. 4888, Dec. 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i6.11216.

A. Diniati, M. A. S. Sutarjo, and I. Primasari, “Pemanfaatan Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Kabupaten Sumedang,” J. Altifani Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 4, pp. 553–561, Jul. 2023, doi: 10.59395/altifani.v3i4.458.

Aun Ramlah Maharani, Ponirin Ponirin, Ira Nuriya Santi, and Rian Risendy, “Efektivitas Penggunaan Iklan Instagram sebagai Media Promosi UMKM,” J. Kaji. dan Penelit. Umum, vol. 2, no. 1, pp. 213–226, Jan. 2024, doi: 10.47861/jkpu-nalanda.v2i1.866.

R. Herfiansyah, A. S. Ramadhan, I. Fadlurrahman, M. Suryanegara, and R. P. Setyaningrum, “Pemanfaatan Konten Digital untuk Promosi Produk Batik Bekasi di Toko Batik Canting Ayu: Strategi Pengembangan UMKM Lokal,” Lentera Pengabdi., vol. 2, no. 04, pp. 382–385, Jan. 2025, doi: 10.59422/lp.v2i04.736.

D. S. Laksono, A. A. Jondy, J. Caesar, M. S. Gultom, and T. Yuliani, “Memaksimalkan Canva Untuk Pembuatan Konten Gambar Sebagai Promosi UMKM di Media Sosial,” vol. 1, no. 1, pp. 18–24, 2025.

N. Novita and R. Sundari, “DEMONSTRASI PEMBUATAN KONTEN KREATIF PADA MEDIA SOSIAL DALAM PROMOSI PRODUK UMKM,” J. Pengabdi. Kompetitif, vol. 2, no. 2, pp. 86–91, Jan. 2024, doi: 10.35446/pengabdian_kompetif.v2i2.1630.

S. J. Raharja and S. U. Natari, “Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, p. 108, 2021, doi: 10.24198/kumawula.v4i1.32361.

S. U. Suhita, F. A. Rosyada, and M. Rifani, “Pengaruh Media Sosial Dalam Strategi Pemasaran Produk Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” Sahmiyya, vol. 1, no. 2, pp. 229–236, 2022, [Online]. Available: https://e-journal.uingusdur.ac.id/index.php/sahmiyya/article/view/5799

M. Lani Purba, E. Tambunan, and M. Siregar, “Pembentukan Karakter di Era Digital dan Media Sosial Bagi Muda Mudi HKBP Rogate Medan,” J. Abdimas Mutiara, vol. 5, no. 1, pp. 94–98, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM

E. Tambunan, M. L. Purba, D. P. Sirait, and W. Gulo, “Penerapan Digital Marketing Bagi Generasi Muda HKBP Rogate Medan,” vol. 5, no. 2, pp. 215–218, 2024.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “PENGGUNAAN APLIKASI CANVA UNTUK MEMBUAT KONTEN GAMBAR PADA MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MEMPROMOSIKAN HASIL PRODUK UKM,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, Nov. 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

Downloads

Published

2025-07-09