STRATEGI EDUKASI DENGAN METODE SHOW AND TELL UNTUK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI

Authors

  • Rahmi Wardah Ningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia
  • Niken Farida Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia
  • Hilma Mithalia Shalihat Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6109

Keywords:

Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Anak Usia Dini

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan bahasa anak usia dini yang perlu distimulasi. Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan edukasi kepada guru dan orang tua mengenai penerapan strategi dan metode show and tell sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara anak. Kegiatan ini dilaksanakan di TK Najmah Rugayah Darus Medan melalui sosialisasi dan pendampingan implementasi metode Show and Tell di kelas. Metode ini menekankan pada keberanian anak untuk menunjukkan suatu objek dan menjelaskannya di depan teman-temannya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan verbal, kepercayaan diri, dan keberanian berbicara. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru dan orang tua memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang metode Show and Tell dan mampu mengaplikasikannya secara kreatif dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari. Anak-anak juga menunjukkan peningkatan minat dan partisipasi aktif dalam kegiatan berbicara di kelas. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi model strategi pembelajaran komunikatif yang menyenangkan dan bermakna bagi pengembangan bahasa anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, S., & Santrock. (20 C.E.). Pendidikan Anak Usia Dini. Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini.

Andrianto. (2011a). Kemampuan Komunikasi Anak Mengembangkan Karkter Sukses Anak di Era Cyber. yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Andrianto, D. (2011b). Komunikasi dengan AUD. Komunikasi Dengan AUD, 26, 1 30.

Cangara. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Chomsky, & Musfiroh. (2011). Kecepatan Anak Dalam Berbahasa Perkembangan Bahasa Anak.

Effendy. (2004). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. bandung: Rosdakarya

Hurlock. (2009). Komunikasi AUD. Artikel Cendekiawan, 176, 1–180.

Indonesia, K. B. (2007). Upaya Komunikasi Bisnis Metode Penelitian Meningkatakan Berkomunikasi Dalam Bahasa Indonesia. Kemampuan Lisan. Komunikasi

Lestari, T., Yasbiati, Y., & Mustika, B. N. (2017). Penggunaan Metode Show and Tell untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 129–136. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7169

Marlina, L., Putri, Y. F., & Putri, A. N. (2022). Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Komunikasi Lisan Anak Usia Dini Kelompok B di PAUD Al-Ikhwan Palembang. ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 332–337

Musfiroh. (2011b). Show And Tell. Kemampuan Dalam Berkomunikasi AUD. https://www.google.com.

Downloads

Published

2025-07-09