MEMBANGUN GENERASI BERKARAKTER: STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI LINGKUNGAN ORGANISASI EKSTERNAL MAHASISWA

Authors

  • Muhammad Fadli Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Taruli Marito Silalahi Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Winny Sunfriska Limbong Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Grace Cyntia Tarihoran Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Robertius Waruwu Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara
  • Renaldo Fakultas Ilmu Pendidikan, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51544/jam.v6i2.6002

Keywords:

Pendidikan Karakter, Organisasi Eksternal Mahasiswa, Kaderisasi, Integritas, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Pendidikan karakter merupakan elemen fundamental dalam membentuk sumber daya manusia yang bermoral, cerdas, dan berdaya saing. Di tengah tantangan globalisasi dan krisis moral generasi muda, organisasi kemahasiswaan eksternal hadir sebagai wahana strategis dalam mendukung pendidikan karakter melalui sistem kaderisasi yang terstruktur. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mensosialisasikan dan memperkuat peran organisasi eksternal mahasiswa dalam proses pembentukan karakter generasi muda, khususnya pada nilai-nilai tanggung jawab, kepemimpinan, integritas, dan cinta tanah air. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk seminar, diskusi kelompok terarah, dan pelatihan soft skill yang melibatkan mahasiswa dari HMI, PMII, GMKI, GMNI, dan organisasi lainnya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa menyadari pentingnya organisasi sebagai ruang pembinaan karakter nonformal yang efektif. Terdapat peningkatan pemahaman, partisipasi aktif, serta kesadaran akan peran organisasi dalam membentuk pribadi yang kritis, inklusif, dan berintegritas. Oleh karena itu, sinergi antara kampus dan organisasi eksternal perlu diperkuat melalui kebijakan inklusif, ruang kolaborasi, dan pendampingan berkelanjutan agar strategi pendidikan karakter dapat berjalan optimal dan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, B., & Dwiningrum, N. R. (2020). Peran Ormawa dalam Membentuk Nilai-nilai Karakter di Dunia Industri (Studi Organisasi Kemahasiswaan di Politeknik Negeri Balikpapan). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 139–160. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.273

Dimyati, T. R. (2018). Pembentukan Karakter Mahasiswa Dalam Sistem Pendidikan Tinggi Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 17. https://doi.org/10.19105/tjpi.v13i1.1716

Fadli, M. (2025). Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Kepada Siswa Sekolah Dasar. 6(1), 29–32.

Fadli, M., Pendidikan, F. I., Pendidikan, P., Sekolah, G., Mutiara, U. S., Hukum, F., Al, U., & Medan, A. (2025). FORMATION OF STUDENT CHARACTER IN LEADERSHIP AND ISLAM AT THE ISLAMIC STUDENT ASSOCIATION OF THE COMMISSARIAT FIS UNIMED HMI. 03(01), 1–6.

Justin, T. S. (2006). Memahami Aspek-aspek Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi. In Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. PT GRASINDO. https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/221444/memahami-aspek-aspek-pengelolaan-sumber-daya-manusia-dalam-organisasi

Nurtanto, A., & Munandar, A. (2021). Pola Kaderisasi Organisasi Ekstra Kampus: Studi Kasus Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat FISIP UIN Syarif Hidayatullah. Unnes Political Science Journal, 5(2), 42–47. https://doi.org/10.15294/upsj.v5i2.50418

Zamroni, E. (2019). Konseling Berbasis Kearifan Lokal Indonesia sebagai Upaya Penguatan Karakter Kebangsaan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 3(01), 95–106.

Downloads

Published

2025-07-09