Sosialisasi Peran Public Relations dalam Peningkatan Citra di Kantor Hukum Rolando Marpaung
Keywords:
Peran Public relations, Citra, Kantor HukumAbstract
Public relations sebagai proses yang berkelanjutan harus terus berjalan mengingat lingkungan suatu organisasi juga bergerak secara dinamis. Hubungan antara sebuah perusahaan atau organisasi dengan publiknya juga dipengaruhi oleh situasi internal maupun ekstrenal perusahaan. Public relations terus berusaha untuk menjaga dan memelihara agar hubungan perusahaan dengan publiknya terus berjalan kondusif dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Public relations merupakan bagian terpenting dari sebuah perusahaan seperti kantor hukum , bisa dikatakan bahwa kesuksesan sebuah kantor hukum bergantung pada bagaimana perusahaan / kantor hukum tersebut mengatur kegiatan atau aktivitas public relationsnya. Aktivitas public relations dari sebuah perusahaan/ kantor hukum merupakan salah satu upaya untuk mencari dan menganalisa apa yang diinginkan oleh masyarakat yang berada di sekitar perusahaan/kantor hukum. Dengan kegiatan atau aktivitas public relations seperti itu, maka masyarakat sekitar kantor hukum akan merasa diperhatikan. Rahmat yang merupakan staff di kantor hukum juga merangkap sebagai humas perusahaan menjelaskan kalau segala bentuk kehumasan baik internal maupun eksternal dilaksanakan oleh dirinya. Oleh karena itu, inti dari sebuah kegiatan public relations adalah untuk mengetahui apa yang menggerakkan dan mempengaruhi sikap seseorang yang memungkinkan terbentuknya opini yang dapat menimbulkan keuntungan atau kerugian terhadap perusahaan tersebut.
Downloads
References
Amanda. 2020. Strategi Public relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan. Advis: Journal of Advertising, 1(1).
Armiati. 2005. Peranan Public relations Dalam Membentuk Opini Publik. Jurnal Economac, IV(1).
Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Luga, N., Gulo, N. H., & Harefa, S. B. (2023). Pemanfaatan Media Komunikasi Dan Informasi Sebagai Pembangunan Nasional. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 218-226.
Jefkins, F .2022. Public relations.Jakarta: Erlangga.
Khairunisa. 2016. Strategi Public relations PT. telkom Indonesia TBK Di Makassar Dalam Menjaga Citra Perusahaan. UIN Alauddin Makassar, Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Fitria, R. I., & Sianturi, S. (2023). Analisis Positioning Nike. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 244-252.
Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).
Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Lumbantoruan, R. M. L., Napitupulu, E. E., Luga, N., Samosir, C., & Zega, H. (2023). Pola Komunikasi Antara Dosen Dan Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Hubungan Internal Dan Eksternal. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (TEKESNOS), 5(1), 253-260.
Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Ceramah Tentang Keterampilan Berbicara. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(1), 394-397.
Lumbantoruan, R. M. L., & Napitupulu, E. E. (2023). Pengabdian Masyarakat Bertajuk Satu Langkah Kecil untuk Semangat Berbagi. Altifani: Jurnal Pengabdian Masyarakat Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, 3(2), 155-164.
Napitupulu, Evi Enitari (2020) Revitalisasi Ulos Dalam Mendukung Ekonomi Kreatif Samosir Sumatera Utara. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Napitupulu, E. E., & Toruan, R. M. L. L. (2023). Efektivitas Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Komunikasi Antarbudaya Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutara Indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(2), 252-262.
Napitupulu, E. E., Toruan, R. M. L. L., & Simanjuntak, M. (2023). Pola Komunikasi Suami Istri Dalam Penyelesaian Masalah Di Awal Masa Pernikahan. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 5(1), 47-55.
Ridwan Yunus & Eka Budi Riatno. 2019. Peran Public relation Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility Pada Pt. Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Frans Kaisiepo Biak. Jurnal Komunikasi, Politik & Sosiologi Volume 1, No.1, September 2019, Hlm 1-24.
Sandakala, M. C. 2020. Peran Public relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan. Jurnal at-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 30(2).
Simamora, N., Ginting, S., Lumbantoruan, R. M. L., Bohalima, S., & Telaumbanua, D. M. (2023). Komunikasi Antar Pribadi Dalam Mempertahankan Kepuasan Pelanggan. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 236-243.
Sitepu, Y. S., Februati Trimurni, & Lumbantoruan, R. M. L. (2023). Pelatihan Pembuatan Konten Literasi Digital Berbasis Kearifan Lokal di Radio Komunitas Desa (RKD) di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal SOLMA, 12(3), 1100–1109. https://doi.org/10.22236/solma.v12i3.13103
Sihombing, M., Luga, N., Lumbantoruan, R. M. L., Laia, H. A. M., & Buulolo, E. (2023). Komunikasi Virtual Melalui Media Instagram Pada Remaja. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 5(1), 227-235.
Toruan, R. M. L. L., Napitupulu, E. E., Sibagariang, E. E., & Halawa, A. P. (2023). Sosialisasi Public Relations dan Manajemen Krisis. Jurnal Abdimas Mutiara, 4(2), 163-167.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rachel Mia L. Lbn. Toruan, Nurhawati Simamora, Mega Sihombing, Agata Ines Zebua, Exmin Man Jaya Laia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










