Sosialisasi Dan Edukasi Gerakan Sekolah Anti Bullying Guna Mewujudkan “Sekolah Sehat” Di SMP Mulia Pratama Medan
Keywords:
sosialisasi,edukasi, bullying, peserta didikAbstract
Perundungan atau bullying adalah perilaku agresif yang merugikan individu yang menjadi korban. Fenomena ini tidak hanya menjadi isu individual, tetapi juga menciptakan dampak yang merugikan pada tingkat sosial dan psikologis, khususnya di lingkungan sekolah. Sosialisasi dan edukasi tentang Stop Bullying bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa tentang dampak negatif perundungan, menggunakan metode ceramah, sharing/diskusi dan audio-visual guna mengajak mereka untuk berperan aktif dalam mencegahnya, dan membangun lingkungan sekolah yang bebas dari perilaku tersebut. Pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dengan cara presentasi yang interaktif dengan siswa di ruang kelas. Melalui pemahaman yang lebih mendalam, diharapkan siswa dapat menjadi agen perubahan positif dalam mengatasi masalah perundungan di sekolah. Pendekatan holistik yang melibatkan seluruh komponen dalam lingkungan sekolah diperlukan untuk mengatasi permasalahan perundungan. Partisipasi aktif dari semua pihak terkait, diharapkan dapat diciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan bebas dari perilaku perundungan.
Downloads
References
Abdillah, A. A., & Ambarini, T. R. I. K. (2018). Gambaran Pengalaman Bully Pada Remaja Dengan Status Mental. Jurnal Psikologi Klnis Dan Kesehatan Mental, 7, 38–46. http://url.unair.ac.id/3cb97dc0
Arumsari, A. D., Suminten, Zuro Ida hanum, R., & Hidayati, I. (2018). Bullying Pada Anak Usia Dini. Motoric, 1(1), 8. https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/550
Bafadhal, F., & Rohayati, W. (2021). Sosialisasi Stop Bullying (Perundungan) Di SMA/SMK Muhammadiyah Singkut Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun. Jurnal Gramaswara, 1(2), 40–47. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.04
Boucher, G. (2011). Book Reviews: Book Reviews. Critical Sociology, 37(4), 493–497. https://doi.org/10.1177/0261018311403863
Dafiq, N. D., Claudia Fariday Dewi, Nai Sema, & Sahrul Salam. (2020). Upaya Edukasi Pencegahan Bullying Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Manggarai Ntt. Randang Tana - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 120–129. https://doi.org/10.36928/jrt.v3i3.610
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. (2017). Peran Teman Sebaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa MTs (Madrasah Tsanawiyah). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 14(2). https://doi.org/10.21831/socia.v14i2.17641
Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466
Nurmalia, L., Nisa, B., Safitri, M., & Dwigustini, R. (2021). Type, Cause, and Effect of Bullying in a Girl Like Her Movie. JHSS (Journal of Humanities and Social Studies), 5(3), 247–251. https://doi.org/10.33751/jhss.v5i3.3995
Rachma, A. W. (2022). Upaya Pencegahan Bullying Di Lingkup Sekolah. Jurnal Hukum Dan Pembangunan Ekonomi, 10(2), 241. https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837
Rahman, A. F. S., Sriwahyuni, W., Hakim, A. R., Azhar, F., Octavia Cahyani, M., Elyunandri, H. P., Prayitno, T., & Latif, A. (2021). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah Dasar Negeri 020 Balikpapan Utara. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2). https://doi.org/10.51213/jmm.v3i2.50
Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, & Pratikto Herlan. (2020). Perilaku Bullying Pada Mahasiswa: Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 1–9.
Risal, henri gunawan, & Alam, fiptar alam. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman. JUBIKOPS Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1, 1–10. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15127/14623
Sa’ida, N., Kurnuawati, T., & Wahyuni, H. I. (2022). Edukasi Stop Bullying Pada Anak. Peka: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 178–183. https://doi.org/10.33508/peka.v5i2.4440
Sari, H. N., Pebriyani, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., Suri, A. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai pancasila pada siswa sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 2095–2102. https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/2922
Siregar, A. N. (2022). Pandangan Filosofis Tentang Perilaku Bullying Pada Siswa Di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 215–228. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i3.165
Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: a systematic and meta-analytic review. Journal of Experimental Criminology, 7(1), 27–56. https://doi.org/10.1007/s11292-010-9109-1
UNICEF. (2020). BULLYING IN INDONESIA: Key Facts, Solutions, and Recommendations. In Unicef. https://www.unicef.org/indonesia/media/5606/file/Bullying in Indonesia.pdf
Widyawati, A. (2014). Sosialisasi School Bullying Sebagai Upaya Preventif Terjadinya Tindak Pidana Kekerasan Di Smpn 3 Boja Kabupaten Kendal. Jurnal Abdimas, 18(1), 1–6.
Wijayanto, X. A., Fitriyani, L. R., & Nurhajati, L. (2019). Mencegah dan Mengatasi Bullying di Dunia Digital (Cetakan Pe). Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian kepada Masyarakat London School of Public Relations Jakarta. https://lspr.edu/lppm/wp-content/uploads/2019/10/Mencegah-dan-Mengatasi-Bullying-di-Dunia-Digital-Ebook-Oktober-2019.pdf
Yuyarti. (2018). Mengatasi Bullying Melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16506
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 324–330. https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Zulfani, M. H., & Tirtawidjaja, I. (2014). Kampanye Pencegahan Bullying. Visual Communication Design, 3(1), 2–10. https://www.neliti.com/id/publications/180458/kampanye-pencegahan-bullying-di-lingkungan-sekolah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Antonius Wilson Sembiring, Arman Bemby Sinaga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.