Edukasi Tanggap Bencana : Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Edriyani Yonlafado Simanjuntak Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia
  • Novita Aryani Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia
  • Normi Parida Sipayung Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia
  • Pathahurrahman Batee Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia
  • Patimah Simanjuntak Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia
  • Trima Rejeki Harefa Universitas Sari Mutiara Indonesia , Medan , Sumatera Utara, Indonesia

Keywords:

Pengetahuan, Gempa, Penyelamatan Diri

Abstract

Gempa bumi merupakan gejala alamiah yang berupa gerakan goncangan atau getaran tanah yang ditimbulkan adanya sumber-sumber getaran tanah antara lain  patahan atau sesar akibat aktivitas tektonik, letusan gunung api akibat aktivitas vulkanik, hantaman benda langit (misalnya meteor dan asteroid), dan/atau ledakan bom akibat ulah manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam cukup tinggi. Edukasi bertujuan memberi informasi agar tercipta kesiapsiagaan jika terjadi gempa sebagai kunci keselamatan diri dan meminimalisir kerugian yang akan terjadi. Kegiatan diikuti sebanyak 41 orang siswa dan 3 orang guru dan 1 orang tenaga administrasi. Materi penyuluhan berupa teori tentang gempa dan akan dilakukan praktek simulasi bencana. Pengukuran pengetahuan dilakukan sebelum dan setelah pemberian penyuluhan. Diperoleh rata-rata hasil nilai sebelum penyuluhan yaitu 40  dan setelah penyuluhan yaitu  85. Peserta antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dan mereka dapat menyelesaikan kegiatan dengan baik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriyanti, W. (2019). Implementasi Program Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Siaga Bencana di SD Negeri Baluwarti, Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(2), 123–133.

Arie Lestari, S., Islaeli, I., Islamiah, I ., Purnamasari, A., & Ode Aisa Zoahira, W. (2022). Efektivitas Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Pada Siswa SMPN 1 Soropia di Wilayah Pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe The Effectiveness Of Disaster Simulation On Disaster Preparadness For Students Of SMPN 1 SOR. Jurnal Surya Medika, 8 (3), 258–262. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm

Cahyo, F. D., Ihsan, F., Roulita, R., Wijayanti, N., & Mirwanti, R. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Keperawatan: Tinjauan Penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87–94. https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1525

Christine, Fellysca V. M. Politon, E. (2021). Pengetahuan dan Sikap Guru Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di Daerah Rawan Tsunami Kota Palu Teachers ’ Knowledge and Attitudes About The Mitigation of Earthquake and Tsunami Prone Areas of Tsunami In Palu City Puskesmas Christine Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 42–47.

Dewi, R. S., & Anggarasari, N. hudha. (2020). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini.

Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438

Ernawati, R., Dirdjo, M. M., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 393–399

.

Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan

Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban.

Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.110

Gerungan, Wulan Mahardhika. (2020). Penanggulangan Bencana Pada Tahap Pascabencana

Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Lex Et Societatis, 7(9), 79–87.

Hadi, H., Agustina, S., & Subhani, A. (2019). Penguatan Kesiapsiagaan Stakeholder dalam

Pengurangan Risiko Bencana Alam Gempabumi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan

Geografi, 3(1), 30. https://doi.org/10.29408/geodika.v3i1.1476

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk

Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.

Hidayat, M. T., Puspasari, A., & ... (2023). Workshop Mitigasi Bencana dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Tingkat Persepsi Risiko dan Kesiapan Individu dan Sekolah Terhadap Bencana.Welfare: Jurnal 1(1), 15–24.

https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/335%0Ahttps://jurnalfebi.i

ainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/335/256

Husna, C., Hafni, M., Fithria, & Jannah, S. (2019). Efektivitas edukasi mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada keluarga pasien di rumah sakit.

Idea Nursing Journal, 10(1), 21–26. http://202.4.186.66/INJ/article/view/14174/12186

Kementerian Pemerdayaan Perempuan Dan Perlindngan Anak (KPPPA) dan Badan Pusat Statistik (2019) Profil Anak Indonesia Tahun 2019. Retrieved from:

https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil-anak-indonesia_-2019.pdf

Kusman, D. N., Sari, D. Y., & ... (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Memberikan Pengetahuan

Rismayanti, Fatimah, Sarwadhamana, et al. Borobudur Nursing Review, Vol. 03, No. 02 (2023) 79 Gempa Bumi Pada Anak Melalui Aplikasi BabyBus. … : Jurnal Pendidikan Anak,

(2), 57–70. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/view/14205%0Ahttps://ww

w.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/viewFile/14205/5451

Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup (Pertama). Depok: Kencana.

Ningsih, D. P. S., Rahmawati, I., Aprianti, R., Wulan, S., Giena, V. P., & Elvira, Y. (2022). Penyuluhan tentang Gempa Bumi dengan Media Leaflet pada Masyarakat di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wahana Usada, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.47859/wuj.v4i2.232

Rahayuni, N. W. A., Mertha, I. M., & Rasidin, I. G. A. (2022). Edukasi Dengan Media Permainan Teka-Teki Silang Dan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Gema Keperawatan, 15(1), 68–78.

Rustam, E., Mutthalib, N. U., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Mitigasi Bencana Banjir Melalui Video Animasi Terhadap Pengetahuan Anak Usia 8-13 Tahun. Window of Public Health Journal, 3(5), 945–953. https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.516

Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar.Journ al of Holistic Nursing Science,

(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543

Sarwadhamana, R. J., Putri, I. R. R., Mahfud, M., Indriantoro, A., Faizatun, F., Hasanah, R.,

Rahmawati, I. N., Putri, L. S. N., Wadji, N. A., & Leoni, P. M. (2022). Pengaruh Kesiasiagaan

Bencana terhadap Perubahan Sikap, Persepsi dan Intensi Mahasiswa dalam Menghadapai

Bencana Gempa di YogyakartaIndonesian Journal of Hospital Administration, 5(2), 71–76.

Septikasari, Z. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana ( PRB ) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana.(28(1), 119–142.

Sudirman, K. D., & Alhadi, Z. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Risiko Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 117–124. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.159

Syamsidik, Nugroho, A., Suryani, O., & Fahmi, M. (2019). Aceh Pasca 15 Tahun Tsunami: Kilas Balik dan Proses Pemulihan. Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC).https://bpba.acehprov.go.id/media/2022.09/buku_aceh_pasca_lima_belas_tahun_tsunami1.pdf

Usmawati, D., & Setyaningrum, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Bencana Gempa Bumi Dan

Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Emergency Planning Siswa Di Sdn Jigudan Pandak Bantul

Yogyakarta.. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan,11(2), 1–6.

https://doi.org/10.54630/jk2.v11i2.119

Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. A. (2019). Pengaruh Simulasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sdn 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888

Downloads

Published

2025-02-07