Edukasi Tanggap Bencana : Upaya Mitigasi Bencana Gempa Bumi Pada Anak Sekolah Dasar
Keywords:
Pengetahuan, Gempa, Penyelamatan DiriAbstract
Gempa bumi merupakan gejala alamiah yang berupa gerakan goncangan atau getaran tanah yang ditimbulkan adanya sumber-sumber getaran tanah antara lain patahan atau sesar akibat aktivitas tektonik, letusan gunung api akibat aktivitas vulkanik, hantaman benda langit (misalnya meteor dan asteroid), dan/atau ledakan bom akibat ulah manusia. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kerawanan bencana alam cukup tinggi. Edukasi bertujuan memberi informasi agar tercipta kesiapsiagaan jika terjadi gempa sebagai kunci keselamatan diri dan meminimalisir kerugian yang akan terjadi. Kegiatan diikuti sebanyak 41 orang siswa dan 3 orang guru dan 1 orang tenaga administrasi. Materi penyuluhan berupa teori tentang gempa dan akan dilakukan praktek simulasi bencana. Pengukuran pengetahuan dilakukan sebelum dan setelah pemberian penyuluhan. Diperoleh rata-rata hasil nilai sebelum penyuluhan yaitu 40 dan setelah penyuluhan yaitu 85. Peserta antusias mengikuti kegiatan penyuluhan dan mereka dapat menyelesaikan kegiatan dengan baik
Downloads
References
Apriyanti, W. (2019). Implementasi Program Mitigasi Bencana Melalui Sekolah Siaga Bencana di SD Negeri Baluwarti, Kotagede, Yogyakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 8(2), 123–133.
Arie Lestari, S., Islaeli, I., Islamiah, I ., Purnamasari, A., & Ode Aisa Zoahira, W. (2022). Efektivitas Simulasi Bencana Terhadap Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Pada Siswa SMPN 1 Soropia di Wilayah Pesisir Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe The Effectiveness Of Disaster Simulation On Disaster Preparadness For Students Of SMPN 1 SOR. Jurnal Surya Medika, 8 (3), 258–262. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/jsm
Cahyo, F. D., Ihsan, F., Roulita, R., Wijayanti, N., & Mirwanti, R. (2023). Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Dalam Keperawatan: Tinjauan Penelitian. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 18(1), 87–94. https://doi.org/10.36086/jpp.v18i1.1525
Christine, Fellysca V. M. Politon, E. (2021). Pengetahuan dan Sikap Guru Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami Di Daerah Rawan Tsunami Kota Palu Teachers ’ Knowledge and Attitudes About The Mitigation of Earthquake and Tsunami Prone Areas of Tsunami In Palu City Puskesmas Christine Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 42–47.
Dewi, R. S., & Anggarasari, N. hudha. (2020). Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini.
Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i1.438
Ernawati, R., Dirdjo, M. M., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Journal of Community Engagement in Health, 4(2), 393–399
.
Ferianto, K., & Hidayati, U. N. (2019). Efektifitas Pelatihan Penanggulangan Bencana Dengan
Metode Simulasi Terhadap Perilaku Kesiapsiagaan Bencana Banjir Pada Siswa Sman 2 Tuban.
Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.110
Gerungan, Wulan Mahardhika. (2020). Penanggulangan Bencana Pada Tahap Pascabencana
Menurut Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.
Lex Et Societatis, 7(9), 79–87.
Hadi, H., Agustina, S., & Subhani, A. (2019). Penguatan Kesiapsiagaan Stakeholder dalam
Pengurangan Risiko Bencana Alam Gempabumi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan
Geografi, 3(1), 30. https://doi.org/10.29408/geodika.v3i1.1476
Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah untuk
Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102.
Hidayat, M. T., Puspasari, A., & ... (2023). Workshop Mitigasi Bencana dalam Upaya Meningkatkan Pengetahuan, Tingkat Persepsi Risiko dan Kesiapan Individu dan Sekolah Terhadap Bencana.Welfare: Jurnal 1(1), 15–24.
https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/335%0Ahttps://jurnalfebi.i
ainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/335/256
Husna, C., Hafni, M., Fithria, & Jannah, S. (2019). Efektivitas edukasi mitigasi bencana terhadap kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami pada keluarga pasien di rumah sakit.
Idea Nursing Journal, 10(1), 21–26. http://202.4.186.66/INJ/article/view/14174/12186
Kementerian Pemerdayaan Perempuan Dan Perlindngan Anak (KPPPA) dan Badan Pusat Statistik (2019) Profil Anak Indonesia Tahun 2019. Retrieved from:
https://www.kemenpppa.go.id/lib/uploads/list/15242-profil-anak-indonesia_-2019.pdf
Kusman, D. N., Sari, D. Y., & ... (2023). Keterlibatan Orang Tua Dalam Memberikan Pengetahuan
Rismayanti, Fatimah, Sarwadhamana, et al. Borobudur Nursing Review, Vol. 03, No. 02 (2023) 79 Gempa Bumi Pada Anak Melalui Aplikasi BabyBus. … : Jurnal Pendidikan Anak,
(2), 57–70. https://www.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/view/14205%0Ahttps://ww
w.jurnal.syekhnurjati.ac.id/index.php/awlady/article/viewFile/14205/5451
Neolaka, A., & Neolaka, G. A. (2017). Landasan pendidikan dasar pengenalan diri sendiri menuju perubahan hidup (Pertama). Depok: Kencana.
Ningsih, D. P. S., Rahmawati, I., Aprianti, R., Wulan, S., Giena, V. P., & Elvira, Y. (2022). Penyuluhan tentang Gempa Bumi dengan Media Leaflet pada Masyarakat di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wahana Usada, 4(2), 96–104. https://doi.org/10.47859/wuj.v4i2.232
Rahayuni, N. W. A., Mertha, I. M., & Rasidin, I. G. A. (2022). Edukasi Dengan Media Permainan Teka-Teki Silang Dan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Gema Keperawatan, 15(1), 68–78.
Rustam, E., Mutthalib, N. U., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Mitigasi Bencana Banjir Melalui Video Animasi Terhadap Pengetahuan Anak Usia 8-13 Tahun. Window of Public Health Journal, 3(5), 945–953. https://doi.org/10.33096/woph.v3i5.516
Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual Dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana Pada Anak Sekolah Dasar.Journ al of Holistic Nursing Science,
(2), 44–51. https://doi.org/10.31603/nursing.v6i2.2543
Sarwadhamana, R. J., Putri, I. R. R., Mahfud, M., Indriantoro, A., Faizatun, F., Hasanah, R.,
Rahmawati, I. N., Putri, L. S. N., Wadji, N. A., & Leoni, P. M. (2022). Pengaruh Kesiasiagaan
Bencana terhadap Perubahan Sikap, Persepsi dan Intensi Mahasiswa dalam Menghadapai
Bencana Gempa di YogyakartaIndonesian Journal of Hospital Administration, 5(2), 71–76.
Septikasari, Z. (2022). Pendidikan Pencegahan Dan Pengurangan Risiko Bencana ( PRB ) Sebagai Strategi Ketahanan Sekolah Dasar Dalam Penanggulangan Bencana.(28(1), 119–142.
Sudirman, K. D., & Alhadi, Z. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Risiko Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 2(3), 117–124. https://doi.org/10.24036/jmiap.v2i3.159
Syamsidik, Nugroho, A., Suryani, O., & Fahmi, M. (2019). Aceh Pasca 15 Tahun Tsunami: Kilas Balik dan Proses Pemulihan. Tsunami and Disaster Mitigation Research Center (TDMRC).https://bpba.acehprov.go.id/media/2022.09/buku_aceh_pasca_lima_belas_tahun_tsunami1.pdf
Usmawati, D., & Setyaningrum, N. (2020). Pengaruh Pendidikan Bencana Gempa Bumi Dan
Tsunami Terhadap Kesiapsiagaan Emergency Planning Siswa Di Sdn Jigudan Pandak Bantul
Yogyakarta.. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan,11(2), 1–6.
https://doi.org/10.54630/jk2.v11i2.119
Yustisia, N., APRILATUTINI, T., & UTAMA, T. A. (2019). Pengaruh Simulasi Menghadapi Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Sdn 86 Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 32–38. https://doi.org/10.37676/jnph.v7i2.888
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Edriyani Yonlafado Simanjuntak, Novita Aryani, Normi Parida Sipayung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.