Pembekalan Dalam Rangka Menguatkan Peran Guru Untuk Menciptakan Pendidikan Bersinar (Bersih Narkoba) Sekolah Dasar Swasta Muhammadiyah 31 Medan Helvetia Kota Medan
Keywords:
penyalahgunaan narkoba, pencegahan, pembekalan guru, lingkungan sekolah, intervensi dini.Abstract
Penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar merupakan ancaman serius yang memerlukan intervensi efektif di lingkungan sekolah. Program pembekalan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam mendeteksi serta mencegah penyalahgunaan narkoba di sekolah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, seminar, workshop, dan evaluasi program. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman guru mengenai bahaya narkoba serta kepercayaan diri dalam melakukan deteksi dini dan intervensi terhadap siswa berisiko. Selain itu, kolaborasi antara sekolah dan lembaga terkait semakin erat, mendukung upaya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas narkoba. Kesimpulannya, peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan berkala dan kerja sama dengan berbagai pihak menjadi strategi efektif dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan siswa.
Downloads
References
(BNN), B. N. N. (2024). Laporan Tahunan: Statistik Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia. BNN.
Andriani, T. (2023). Strategi Intervensi Dini dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Sekolah. Pustaka Edukasi.
BNN. (2020). Laporan tahunan penyalahgunaan narkoba di Indonesia. BNN. https://www.bnn.go.id/
Dikdasmen, D. P. K. (2023). Pedoman Pencegahan Narkoba di Sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Haryanto, T. (2023). Pengaruh Media Sosial dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare di Indonesia. Jurnal Digital Marketing, 6(3), 50–65. https://www.jurnaldigitalmarketing.com/pengaruh-media-sosial-skincare
Sari, D. M. (2017). Peran Guru dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar. Gadjah Mada Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Febriantika, Nurul, Tiara Rajagukguk

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.