Sosialisasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Pegawai PT. Asuransi Intra Asia Cabang Medan

Authors

  • Eva Solita Pasaribu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Owen De Pinto Simanjuntak Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Idahwati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Sosialisasi, Customer Relationship Management (CRM)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah pendekatan baru dalam mengelola hubungan korporasi dengan pelanggan pada level bisnis sehingga dapat memaksimumkan komunikasi dan pemasaran melalui pengelolaan berbagai kontak yang berbeda. Pendekatan ini memungkinkan untuk mempertahankan pelanggan dan memberikan nilai tambah secara terus-menerus kepada pelanggan. Hasil dari kegiatan ini adalah disaat pra sosialisasi 76% menyatakan belum mengetahui dan memahami dengan baik tentang Customer Relationship Management (CRM). Sedangkan 24% lagi menyatakan mengetahui dan memahami dengan baik tentang Customer Relationship Management (CRM). Sedangkan pasca pelatihan menunjukkan 100% peserta  mengetahui dan memahami dengan baik Customer Relationship Management (CRM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong, Kotler. (2015). Marketing an Introducing Pretiece Hall 12th Edition. Englad: Pearson Education Inc.

Hollensen, S. (2003). Marketing Management: A Relationship Approach. Harlow: Financial Times Prentice Hall

Sha, Lie Thio; Nawawi, M. Tony dan Rasyid, Rosmita. (2020). Membangun Customer Relationship Management Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Usaha Ritel. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat. Jakarta: Universitas Tarumanagara

Sutanto. (2003). Hubungan Antara Temperamen Karyawan,Pemberian Kompensasi Dan Jenjang Karier Yang Tersedia Terhadap Prestasi Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 5(1), 42-55

Downloads

Published

2025-02-07