Self-Efficacy Impact Of The Mini-Cex Among Nursing Students In North Sumatera Indonesia 2022

Authors

  • Siska Evi Martina Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rumondang Gultom Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Janno Sinaga Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Self-efficacy, Mini-CEX, mahasiswa keperawatan, kompetensi klinis, Sumatera Utara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak Mini-CEX terhadap self-efficacy mahasiswa keperawatan di Sumatera Utara, Indonesia. Metode yang digunakan adalah desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sebanyak 100 mahasiswa keperawatan yang mengikuti program Mini-CEX berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang mengukur tingkat self-efficacy sebelum dan setelah pelaksanaan Mini-CEX. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam tingkat self-efficacy mahasiswa setelah mengikuti Mini-CEX, dengan nilai rata-rata sebelum intervensi sebesar 65,4 (SD = 10,2) dan setelah intervensi sebesar 78,6 (SD = 9,8). Uji t berpasangan menunjukkan perbedaan signifikan (p < 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Mini-CEX efektif dalam meningkatkan self-efficacy mahasiswa keperawatan, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kompetensi klinis mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W.H. Freeman.

McGaghie, W. C., et al. (2010). Effect of practice on learning outcomes in simulation-based medical education. Medical Education, 44(1), 45-54.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Pedoman Pendidikan Tinggi Keperawatan.

Downloads

Published

2023-02-08