Sosialisasi Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Kepada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Fadli Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia
  • Nurhidayah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Medan, Sumatera Utara, 20123, Indonesia

Keywords:

Sosialisai, Pancasila, Pembentukan Karakter

Abstract

Pengabdian masyarakat mengenai sosialisasi penanaman nilai-nilai pancasila sebagai upaya pembentukan karakter siswa  sekolah dasar dimana penanaman nilai-nilai pancasila merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap guru agar dapat membentuk karakter siswa menjadi lebih baik lagi kedepannya. Penanaman nilai-nilai pancasila harus dilakukan sedini mungkin agar menjadi dasar karakter yang kuat untuk masa depan para siswa. Adapun metode yang dilakukan ialah dengan mengadakan sosialsiali menggunakan materi dengan media ppt dan juga permainan tradisional kepada siswa. Tempat pelaksanaan dilakukan di SD Negeri 066050 Kecamatan Medan Denai. Dengan peserta para guru dan juga siswa yang dibimbing oleh mahasiswa. Sedangkan Hasil dan  Pembahasan yang disajikan merupakan materi internalisasi pancasila, dan impelementasi pancasila dalam kurikulum merdeka belajar. Kesimpulan : Penanaman nilai pancasila sangat penting untuk membentuk karakter siswa dari usia dini, karena akan menjadi fondasi kuat bagi siswa untuk kedepannya dan menjadi generasi emas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi nilai-nilai pancasila bagi siswa di era globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 440–450.

Kusumawati, E. (2022). Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di Jenjang Sekolah Dasar Di Sd Al-Islam 2 Jamsaren Surakarta. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 886–893. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3483

Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 25. https://doi.org/10.12928/citizenship.v5i2.23179

Panjaitan, D. J., Firmansyah, Siregar, N., Nurdalilah, & Nasution, H. A. (2023). Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Serta Nilai Pancasila Bagi Peserta Didik. Community Development Journal, 4(2), 5319–5324.

Rinaldi, K., & Askarial, A. (2022). Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 170–174. https://doi.org/10.54951/comsep.v3i2.289

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000

Wardhono, A., Gema, C., Nasir, M. A., Puspito, A. N., K, B. Y., Rahmadini, I. A., Nova, R., Puji, A., & Laela, I. (2024). Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia Pengayaan Literatur dan Implementasi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini di SDN Suci 5 Jember Abstrak Jurnal Pengabdian Nasional ( JPN ) Indonesia. 5(3), 698–706.

Downloads

Published

2025-02-07