Peningkatan Kreativitas Melalui Kerajinan Tangan Origami dan Permainan Edukatif Bagi Siswa SD. Swasta Hasanuddin
Keywords:
kreativitas; kerajinan tangan origami; permainan edukatifAbstract
Dunia anak adalah dunia bermain dan belajar. Permainan yang dipilih biasanya yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Kreativitas kerajinan anak adalah salah satu potensi yang perlu dikembangkan sejak usia dini. Setiap anak pasti memiliki bakat kreatif yang dapat dikembangkan. Bakat kreatif anak yang tidak dikembangkan sejak dini maka akan menghambat kreativitas mereka atau secara tidak langsung mereka terlambat untuk berkembang secara optimal. Kreativitas merupakan aspek penting dalam perkembangan anak, mendukung kemampuan problem-solving dan berpikir kritis, yang sangat dibutuhkan dalam pendidikan abad 21. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan sangat diperlukan, terutama pada jenjang pendidikan dasar. Tim Pengabdian pada masyakat bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa SD Swasta Hasanuddin melalui kegiatan kerajinan tangan berbasis origami dan permainan edukatif. Kegiatan ini dilakukan dengan dua aktivitas utama: origami dan permainan edukatif. Origami dipilih sebagai media yang melatih koordinasi tangan-mata, kesabaran, dan daya imajinasi siswa, sementara permainan edukatif digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir logis, kerja sama, serta meningkatkan semangat belajar melalui aktivitas yang menyenangkan. Penerapan origami dan permainan edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan sosial siswa SD Swasta Hasanuddin.
Downloads
References
Alansor, P. B., & Laeli, S. (2024). Menumbuhkan Kreativitas Anak melalui Aktivitas Belajar yang Menyenangkan. Karimah Tauhid, 3(8), 8764-8770.
Alvonica, F. A. (2023). Pengaruh Permainan Seni Melipat Kertas Origami Terhadap Kreativitas Pada Anak Usia Dini Di Paud Al-Iqro Desa Simpang Ketenong Kabupaten Bengkulu Utara (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Durisa, A. I., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan Di Sekolah Dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55-63. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 55–63.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.
Idrus, J., Ertanti, D. W., & Dewi, M. S. (2020). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas II pada Tema 2 Melalui Media Origami di SD Muhammadiyah Indonesiana Tidore. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(4), 65-72.
Kurniawan, A., & Insani, A. (2023). Pelatihan Pengembangan Kreativitas Anak Dengan Ape Berbasis Kertas Lipat Bagi Komunitas Praktisi Program Sekolah Penggerak Wilayah Surabaya 2. Pancasona: Pengabdian dalam Cakupan Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 115-120.
Laksana, R. B., & Oktaliyana, O. (2022). Pengaruh Metode Ekspresi Bebas untuk Mengasah Krestivitas Membuat Karya Lipat Origami Siswa Kelas III SD N 2 Rasuan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15157-15164.
Purba, M. L., Haloho, E., & Hasibuan, R. (2019). Seminar Creativepreneurship Dan Workshop Dasar Digital Marketing Produk UMKM di Era Milenial. Journal of Community Service, 1(1), 033-037.
Putri, H. H. A. M. (2022). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Prakarya Kertas Origami untuk Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al-Ikhlas Kisaran (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Roslianti, E., Firmansyah, A., Nugraha, Y., Asmara, A. N., Maulidiyah, H., Monika, H., ... & Falah, S. A. (2022). Peningkatan Motorik Halus melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami di PAUD Kober Cempaka. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 4(3), 419-424.
Sudarma, M. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Marupa Siregar, Tohonan Silalahi, Krisdayanti Sinaga, Melpa Armiati Br Silaen, Elma Nofrida Sinaga, Eben Ezer Sopater Saragih, Ricce Sarpita Hutajulu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.