Implementasi Pendidikan Revolusi Industri 4.0 di SDN 017989 Manis Kabupeten Asahan

Authors

  • Taruli Marito Silalahi Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Robinson Hutagaol Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nanda Ayu Setiawaty Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Implementasi, Pendidikan Revolusi Industri 4.0, Kompetensi Guru, Hak Anak, Pendidikan Anak, Penguatan Peranan Keluarga

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendidikan revolusi 4.0 di SDN 017989 Manis Kabupaten Asahan dan apa kendala dan solusi yang dihadapi guru dalam menerapkan pendidikan revolusi industri 4.0 di SDN 017989 Manis Kabupaten Asahan. Pengabdian kepada Masyarakat yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek Pengabdian kepada Masyarakat misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain. Data di analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan empat proses yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat menyimpulkan bahwadi dalam pengimplementasian pendidikan revolusi industri 4.0 di SDN 017989 Manis Kabupaten Asahan sudah diterapkan. Namun pada pelaksanaannya belum maksimal. Pelaksanaannya hanya sebatas penggunaan laptop, dan infokus padahal pada hakikatnya pendidikan revolusi industry 4.0 melibatkan kompetensi pendidik sebagai guru yang harus memahami kurikulum, model pembelajaran, kompetensi siswa dengan menggunakan bantuan alat teknologi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badawi, Nurkholis M. Anwar. 2019. “Profesionalisme Guru di Era Revolusi Industri 4.0”. Palembang : Universitas PGRI Palmebang. Hal 491-498. Tahun 2019. (Diakses pada 05 Mei 2020)

Farida dan Emalia. 2019. “Inovasi Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam Upaya Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0”. Palembang : Universitas PGRI Palemang. Tahun 2019. (Diakses pada 05 Mei 2020)

Farida dan Emalia. 2019. “Inovasi Pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam Upaya Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0”. Palembang : Universitas PGRI Palemang. Tahun 2019. (Diakses pada 05 Mei 2020)

Harta, Lilk Indri. 2019. “Implementasi Pendidikan Karakter di Era 4.0 Melalui Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Sekolah”. Yogyakarta : Universitas Pembangunan Nasional. Vol. 1 No 1 tahun 2019. (Diakses pada 05 Mei 2020)

Herwina dan Iswan. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Perspektif Islam dalam era milenial IR 4.0”. Jakarta : Universitas Muhammadiyah Jakarta. Tahun 2018.

(Diakses pada 05 Mei 2020)

Lubis, Syibrina Jihan. 2018. “Pendidikan dan Pelatihan Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Medan : Universitas Negeri Medan. Vol. 2 hal 601-603 Tahun 2018. (Diakses pada 05 Mei 2020)

Moleong, Lexy. 2017. “Metodologi Pendidikan Kualitatif”. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARTA

Sunderman, 2019. “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”. Nias : STT Banua Niha Keriso Proesan Sunderman. Tahun 2019. (Diakses pada 21 April 2020)

Sunderman, 2019. “Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0”. Nias : STT Banua Niha Keriso Proesan Sunderman. Tahun 2019. (Diakses pada 21 April 2020)

Surani, Dewi. 2019. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0”. Serang : Universitas Bina Bangsa. Vol. 2 No 1 tahun 2019.

Downloads

Published

2023-02-08