PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN KELAS III SD NEGERI 066652 BAKTI LUHUR MEDAN HELVETIA
Keywords:
Model pembelajaran Student Team Achievement Division, Hasil Belajar PKNAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan hasil belajar PKn kelas III SD Negeri 066652 Bakti Luhur Medan Helvetia. PkM ini dilakasanakan oleh tim dosen program studi PGSD Universitas Sari Mutiara Indonesia dengan melibatkan mahasiswa program studi PGSD. Responden dalam PkM ini adalah siswa kelas III SD Negeri 066652 Bakti Luhur Medan Helvetia yang berjumlah 19 orang siswa. Setelah dilakasanakan PkM ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Negeri 066652 Bakti Luhur Medan Helvetia dengan rata-rata tingkat ketuntasan belajar pra siklus 40%, siklus I meningkat dengan persentase ketuntasan 70,12%, selanjutnya dilakukan perbaikan pada siklus II rata-rata tingkat ketuntasan belajar meningkat menjadi 91,66%. Begitupun perlakuan eskperimen yang signifikan dapat dilihat dari hasil nilai posttest siswa lebih meningkat dibanding hasil nilai pretest siswa dengan rata-rata skor pretest mencapai 53,10 sedangkan posttest mencapai 78,81.
Downloads
References
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan Model & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Annurahman, dkk. 2001. Modul Pembelajaran: Model-model Pembelajaran. UPI. Jakarta.
Arma Mariangke, Imran, dan Dwi Septiwiharti . 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Pada Mata Pelajaran Pkn Di SDK Lengaruh.Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Diakses 10 Juli 2020
Dara Marta Dilla,2018. Pengaruh Model Stad Terhadap Hasi L Belajar Siswa Dalam Pkn Di Kelas Iv Sdn 03 Simpang Haru. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pd.
Depdikbud. 2003. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Depdikbub. Jakarta.
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. BNSP. Jakarta.
Dimyati & Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Depdikbud. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Eddy Noviana, Muhammad Nailul Huda eddy. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas Iv Sd Negeri 79 Pekanbaru . Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Diakses 10 Juli 2020
Elfina, 2015. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achievement Division)Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Vi Sd Negeri 05 Nanggalo Kecamatan Koto Xi Tarusan Tahun Pelajaran 2013/2014.Jurnal Konseling dan Pendidikan.http://jurnal.konselingindonesia.com
Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo. Bandung.
Henry, 2006. Teori belajar dan Pembelajaran PKn. Ar- Ruzzmdia. Jakarta.
Herdian. 2009. Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division). (Online), (http://herdy07.wordpress.com/2009/04/22/model-pembelajaran- stad-student-teams-achievement-division/), diakses tanggal 03 Juni 2020.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis. Pustaka Pelajar.Yogyakarta.
Imas, Berlin. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena. Yogyakarta.
Ittidah. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Terbuka. Jakarta
Lie. 2004. Cooperative Learning. Grasindo. Jakarta
Mohamad Said, Dwi Septiharti, dan Anthonius Palimbong, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif STAD di Kelas IV SDN 2 Siney. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako.
Mona Rahmadani, Dra. Reinita, M.Pd, Dra. Tin Indrawati, M.Pd, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pkn Menggunakan Model Stad Di Kelas V Sekolah Dasar. monarahmadanimona@gmail.com,reinita_reinita@yahoo.com.
Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta Mulyono. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.Jakarta.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Munira, S.Pd ,Izwar, M.Pd. 2014. Penerapan Tipe Stad Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Mata Pelajaran Pkn Materi Budaya Indonesia Sd Negeri 8 Meulaboh. Mahasiswa prodi PGSD STKIP Bina Bangsa Meulaboh 2)Dosen Prodi PGSD STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Diakses 10 Juli 2020
Nasution. 2010. Pengabdian kepada Masyarakat Tindakan Kelas. Universitas Terbuka. Jakarta
Ngatmiatun, Jandut Gregorius.2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Va Sdn Gading I Surabaya. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya.
Ni Made Wiryani, Ign I Wayan Suwatra, I Nyoman Suarjana.2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermedia Lingkungan Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pkn. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.
Poerwadarminta. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta
Ponidi.2019. Penerapan Model Stad Guna Meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas Ii Sdn Pada Mata Pelajaran Pkn. STMIK Pringsewu Lampung.
Restu Adi Santoso, Supriyadi, Yulina H.2018. Pengaruh Stad Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V Sd. FKIP Universitas Lampung, Jl. Prof. Dr. Soematri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung.
Rianto. 2008. Model Pembelajaran Kooperatif. Rineka Cipta. Jakarta
Ruminiati. 2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD.Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran. Rajawali Press. Jakarta.
Salim, 2018. Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat Kualitatif. Bandung : Citapustaka Media.
Simson, 1999. Teori Belajar dan pembelajaran .PT Bumi Aksara. Jakarta
Siti Rosidah.2013. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Stad (Student Teams–Achievement Divisions) Pada Siswa Kelas Iv Sdn 03 Delingan Tahun 2012/2013. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.Jakarta.
Slavin, Robert, E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Nusa Media. Jakarta.
Solihatin, 2007. Konsep dan makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sri Delima, S.Pd.2017. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 0725 Ptpn Iv Lubuk Bunut. Guru SD Negeri 0725 PTPN IV Lubuk Bunut.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda karya. Bandung.
Sunarso, 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Terbuka Jakarta. Suyitno. 2002. Model Pembelajaran Kooperatif. Remaja Rosdakarya. Surabaya.
Suyatno. 2009. Macam-macam Model Pembelajaran Kooperatif. Raja Grafindo.Jakarta.
Wahyudin. 2008 Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.
Widiyastuti, 2007. Penerapan Pendekatan Kooperatif STAD. Rajawali Pers. Jakarta.
Widyantini. 2006. Penerapan Pendekatan Kooperatif Tipe STAD. Dirjen Dikti Depdiknas. Yogyakarta.
Winataputra, 2008.Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Terbuka. Jakarta.
Zamroni. 2010. Paradigma Pendidikan Indonesia. Griya Publishing. Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Barita Esman Dabukke, Asaaro Laia, Robinson Hutagaol
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.