PENERAPAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD AL-WASHLIYAH MEDAN TEMBUNG
Keywords:
Konsep Diri, Kemandirian BelajarAbstract
Pengabdian kepada Masyarakat ini dilakukan untuk Penerapan Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SD AL-Washliyah Medan Tembung. Responden dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah siswa kelas IV SD AL-Washliyah sebanyak 20 siswa. Metode analisis data yang digunakan dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana, koefisien determinasi, dan uji signifikan dengan uji F. Setelah dilakasanakan Pengabdian kepada Masyarakat ini ditemukan bahwa Penerapan Konsep Diri memperoleh hasil yang positif dan kemandirian belajar siswa meningkat secara signifikan dengan Fhitung 28,851 > Ftabel 4,38 dan nilai sig 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi ( / R Square) sebesar 0,616. Hal ini berarti variabel independent (konsep diri) dapat memperoleh hasil yang positif dan kemandirian belajar siswa yaitu 61,6% sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam Pengabdian kepada Masyarakat ini serta persamaan linear sederhana pada Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Y= 14,981 + 0,770X.
Downloads
References
Afifah, N 2017. Hubungan Konsep Diri Dan Kemandirian Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri Gugus Dewi Kunthi Kecamatan Gunungpati Semarang. Skripsi (Semarang, Universitas Negeri Semarang, 2017).
Agustiani, H 2009. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diri dan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama
Asmani, J. M 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.
Asrori, M 2007. Psikologi Pembelajaran . Bandung: CV Wacan Prima
Basri, H 1996. Remaja Berkualitas Problematika Remaja dan Solusinya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Coulhoun, J. F & Acocella, J. R 1995. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. (Alih bahasa: Prof. Dr. Ny. R.S Satmoko). IKIP Semarang Press: Semarang
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fadlillah, M & Khorida L. M 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA.
Garson, D. 2012. Testing Statistical Assumptions. Asheboro: Statistical Publishing Associates.
Hendriana. H, Rohaeti, E. E , Sumarno, U 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayah. R 2009. Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press
Lawrence, A. P, Daniel, C, and Oliver, P. J. 2005. Personality Theory and Research. New Jersey: John Wiley & Sons.
Lestarini, R 2015. Hubungan Konsep Diri Siswa Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Se-Kecamatan Pakualaman Yogyakarta. Skripsi (Yogyakarta, Univeristas Negeri Yogyakarta 2015).
Manurung, A. 2005. EDUSCIENCE Vol. 1, No. 1. Jakarta: FKIP UEU
Manurung, A. S dan Halim, A 2020. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Kenari 07 Pagi Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.5 No.2.
Maulyda, M. A, Indraswati. D, Erfan. M, Widodo. A, Rahmatih. A. N 2021. Pengaruh Self-Concept Akademik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol.13 No.1.
Mudjiman, H 2009. Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rafika, Israwati, Bachtiar 2017. Upaya Guru Dalam Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa Di SD Negeri 22 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1.
Rakhmat, J 2015. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rusman 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Press
Sagala, S 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sakti, I. 2016. Pengaruh Konsep Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V Se Gugus 4 Kecamatan Loano. Skripsi (Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, 2016).
Saputri, A. N 2016. Hubungan Konsep Diri Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Skripsi (Semarang, Universitas Negeri Semarang 2016).
Sarastika, P. 2014. Buku Pintar Tampil Percaya Diri. Yogyakarta: ARASKA.
Singarimbun, M 2008. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Survai. Jakarta:LP3ES
Slameto 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sobur, A 2016. Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia
Soejanto, A 1990. Bimbingan Kearah Belajar Yang Sukses. Surabaya: Aksara Baru.
Sudjana, N 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rodaskarya.
Sugiyono 2015. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi 2003. Metodologi Pengabdian kepada Masyarakat pendidikan. Yogyakarta: Bumi aksara
Surakhmad 1994. Metodologi Research Dasa, Metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Surya, M. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Sutoyo, A. 2009. Pemahaman Individu. Semarang: CV. Widya Karya.
Thoha, C 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Thoha, C 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tirtarahardja, U & Sulo S. L. La 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Widodo, T 2012. Peningkatan Kemandirian Belajar Pkn Melalui Model Problem Solving Menggunakan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Rejowinangun III Kotagede Yogyakarta. Skripsi (Yogyakarta, Universitas Negeri Yogyakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Asaaro Laia, Taruli Marito Silalahi, Maria Friska Nainggolan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.