PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW, (SQ4R) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF SISWA V SDN 101732 KAMPUNG LALANG

Authors

  • Maria Friska Nainggolan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Asaaro Laia Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nanda Ayu Setiawaty Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pembelajaran OK5R, Keterampilan Membaca

Abstract

Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan model pembelajaran overview, key ideas, read, record, recite, review, reflect (OK5R) dalam meningkatkan Keterampilan membaca siswa sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Tim pelaksana PkM ini adalah tiga orang dosen program studi PGSD dibantu oleh tiga orang amhasiswa program studi PGSD. Melalui Pengabdian kepada Masyarakat ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran overview, key ideas, read, record, recite, review, reflect (OK5R) dapat meningkatkan Keterampilan membaca siswa sekolah dasar pada mata pelajaran bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedure Pengabdian kepada Masyarakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Duke K. Nell and David P Pearson. 2001. Reading Comprehension. New York: Longman

What Research Has to Say About Reading Instruction. USA: International Reading Association

Grabe and Stoller. 2002. Teaching and researching reading. England: Pearson Education

Iriani, Sri. 2017. Peningkatan Kemampuan Membaca KeterampilanDengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Pelajara Bahaa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 004 Pagaran Tapah Darussalam. Universitas Riau : Riau.

https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/4092 (diakses pada 1 juni 2020)

Istarani, 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran : Untuk Revolusi Pengajaran (edisi I). Medan : Media Persada

Jihad, M.Pd. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta : Multi Presindo

Mardhiyah, dkk. 2019. Penerapan strategi OK5R (Overview, Key Ideals, Read, Record, Recite, Review, Dan Reflect) untuk meningkatkan kemampuan membaca Keterampilansiswa di kelas V sekolah dasar. Universitas pendidikan Indonesia : Bandung.

https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/download/22903/11255 (diakses pada 1 juni 2020)

Nunan, David. 2003. Research Method in Language Learning. Cambridge : University Press

Paida, Andi. 2016. Keefektifan Strategi OK5R (Overview, Key Ideals, Read, Record, Recite, Review, Dan Reflect) Dalam Pembelajaran Menulis Paragraph Eksposisi Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 42 Bulukumba. Jurnal Retorika. (Vol 9, No 2, Hal. 90-163). Universtas Muhammadiyah Makassar.

http://103.76.50.195/retorika/article/view/3799 (diakses pada 1 juni 2020)

Sudirman, 2009. Model - model pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan: Jakarta.

Sugiyono . 2013. Metode Pengabdian kepada Masyarakat Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Walter. 2008. Behaviour modification : What is and how to do it. NJ: Pretince Hall

Welas, Asih. 2003. Optimalisasi kecepatan efektif membaca siswa kelas 2 SMU 01 Kelling Jepara dengan menggunakan metode OK5R. Thesis summary.

Yusna, Herna. 2012. Peningkatan Kemampuan Mencari Kalimat Utama Dengan Startegi (Overview, Key Ideals, Read, Record, Recite, Review, Dan Reflect) OK5R Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Merangin Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Universitas Negeri Sultan Syarif Kasim Riau : Pekanbaru.

http://repository.uin-suska.ac.id/8207/ (diakses pada 1 juni 2020)

Downloads

Published

2020-09-02