Implementasi Metode Proyek Untuk Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Anak Usia Dini

Authors

  • Sondang Purba Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Ruth Donda Eleonora Panggabean Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Yustito Alberth Laia Program Studi PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan

Keywords:

Metode Proyek, Sikap Tanggung Jawab Anak Usia Dini

Abstract

Sikap tanggung jawab pada anak usia dini memiliki dampak yang sangat penting dalam pembentukan karakter dan perilaku anak di masa depan. Anak-anak yang belajar untuk bertanggung jawab sejak dini cenderung mengembangkan karakter yang kuat dan dapat diandalkan di kemudian hari. Tujuan kegiatan adalah untuk mengimplementasi metode proyek untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak anak usia dini. Objek pengabdian masyarakat adalah anak usia 5-6 tahun di TK Al-Warif. Hasil pengabdian masyarakat ini adalah data hasil penerapan metode proyek yang digunakan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwiyoto, A. (2001). Melatih Anak Bertanggung Jawab. Jakarta: Mitra.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Sinar Grafika.

Barqah, A. M. (2015). Tanggung Jawab dan Karakter Individu . Jakarta: Tiga Serangkai.

Christianti, M. (2011). Pembelajaran Anak Usia Dini dengan Pendekatan Proyek. Majalah Dinamika, 1-11.

Hadi, S. (1990). Metodologi Research. Yogyakarta: FB UGM.

HERLIANTI. (2022). UPAYA MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB PADA ANAK MELALUI METODE PROYEK DI TAMAN KANAK-KANAK TARBIYATUL ATHFAL UIN ANTASARI BANJARMASIN. Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Tentang Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA).

L.Roopnarine, S. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: Kencana.

Miller, M. T. (2009). Character education: managing responsibilities. New York: Chelsea House.

Moeslichatoen. (2004). Metode pengajaran di taman kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.

NINGSIH, E. P. (2020). PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM MODEL PEMBELAJARAN SENTRA TERHADAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL AQSHO KOTA JAMBI. Jambi: Universitas Jambi.

Roestiyah, N. (2012). Strategi belajar menagajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Rohyati. (2015). PENINGKATAN SIKAP TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE PROYEK DI TK TUNAS IBU. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sylvia, R. (2003). Mendidik dna menerapkan displin pada anak prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ulfiatul, M. E. (2019). MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ABA LABBAIK AMONG PUTRO III YOGYAKARTA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yus, A. (2011). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Zumrhotul, H. (2022). penerapan metode pemberian tugas untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelompok a di taman kanak-kanak dharma wanita persatuan wonorejo balon panggang gresik.

Downloads

Published

2023-08-07