SOSIALISASI DAMPAK OPINI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL

Authors

  • Saurma M.G.P. Siahaan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia

Keywords:

opini publik, media sosial

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan pelatihan Dampak Opini Publik Di Media Sosial sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan dalam mengatasi  opini publik di media sosial. Objek pengabdian masyarakat ini adalah seluruh warganet. Masalah yang dihadapi adalah timbul permasalahan masyarakat tidak     paham dampak  media  massa,  apalagi  tidak  tahu sama   sekali,   maka   besar   kemungkinan masyarakat,    khususnya    generasi    muda terpapar    efek    negatif,    seperti    hoaks, radikalisme,  pornografi  internet,  penipuan daring,   dan   lain-lain,   yang   tidak   sesuai dengan  ideologi  bangsa. Disamping itu pemaparan tentang pengetahuan dampak opini publik juga dapat memberikan dampak positif kepada masyarakat dalam rangka kegiatan yang positif. Hasil dari kegiatan ini yaitu (1) Secara umum, peserta mampu memahami materi Sosialisasi Dampak Opini Publik Di Media Sosial yang  diberikan dengan baik. (2) Pelatihan yang dilakukan dengan cara simulasi satu kasus pada warganet  maka terjadi optimisme peserta terhadap kemampuan dalam mengatasi  opini publik di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brogan, Chris. (2010) Sosial Media 101: Tactics and Tips to Develop your Business Online: Jhon Wiley &Sons.

Indrawan et al., 2021. Sosialisasi Dampak Opini Publik Yang Dihasilkan Media Massa . Jakarta: Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.

Riswandi. (2009). Komunikasi Politik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2022-02-07