Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Pada Siswa-Siswi Di SMAS Istiqlal Delitua
Keywords:
Karya Ilmiah, PelatihanAbstract
Tulisan ilmiah sebagai sarana komunikasi melalui lambang- lambang grafis antara pembaca dan penulis. Sejumlah pengalamannya bukan dinikmati sendiri akan tetapi milik bersama agar bermanfaat sepanjang hayat. Hal ini pemerolehan ilmu tidak menjadi barang mati terkubur oleh waktu. Tulisan ilmiah adalah karangan yang menyajikan permasalahan atau pengetahuan keilmuan danditulis menurut tata cara penulisan tertentu secara baik dan benar. Tiap siswa butuh bekal latihan dalam penulisan. Kebiasaan berkesinambungan membangun pemahaman tulisan ilmiah menguasai materi bukan teori. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan meliputi 3 kegiatan, yaitu mengumpulkan siswa di suatu ruangan, kemudian tim memberikan pemaparan mengenai cara dan format penulisan karya ilmiah yang benar, serta tahap terakhir yaitu memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanaya mengenai penulisan karya ilmiah yang benar. Pelaksanaan pada pengabdian ini, melalui bebrapa tahap diantaranya: a) Tahap pertama tim pelaksana kegiatan menentukan jadwal pelatihan dan menginformasikan kepada siswa yang mengikuti kegiatan. b) Tahap kedua, melakukan pelatihan dengan peserta kegiatan siswa. c) Tahap ketiga yaitu melakukan evaluasi dari hasil pelatihan yang dilakukan terhadap siswa. d) Tahap keempat yaitu menyusun laporan hasil yang dilakukan terhadap masyarakat civitas akademik terkhusus bagi siswa, kemudian menyerahkan ke LPPM STIKes Binalita Sudama. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 orang, total yang hadir dalam pelaksanaan kegiatn pengabdian pada masyarakat ini adalah sebanyak 53 orang termasuk tim pengabdian pada masyarakat.
Downloads
References
Hamzah B. Uno & Nurdin Mohamad.2015.Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.
La Moma. (2015).Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, pp 27-41. ISSN: 2089- 855X.
Maryati, I. (2017).Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharofa, 6(1), 129 – 140.
Sugiyono. (2011).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. UPI Bandung: JICA
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Wida Harahap, Kesya N. Lumbantobing, Berkat Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.