Pelatihan Penggunaan E-Journal Sebagai Sumber Referensi Mahasiswa di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords:
Pemanfaatan Ejournal, Sumber ReferensiAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pelatihan bagaimana memanfaatkan ejournal sebagai sumber referensi (rujukan), sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa pascasarjana dalam mengakses dan memanfaatkan berbagai situs ejournal untuk memenuhi tugas perkuliahan. Permasalahan yang dihadapi adalah kebingungan yang dirasakan oleh mahasiswa dalam mencari dan menemukan situs ejournal yang sesuai dengan kebutuhan dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Kebingungan untuk mencari dan menemukan situs ejournal disebabkan oleh mahasiswa yang kurang menguasai bagaimana mengakses hingga dapat menemukan situs ejournal yang sesuai. Hasil dari pelatihan ini adalah 1) Mahasiswa sudah mulai mengetahui bahwa terdapat banyak situs ejournal yang dapat digunakan, 2) Mahasiswa sudah mulai mengerti dan menguasai bagaimana memanfaatkan ejournal sebagai sumber referensi dalam mengerjakan tugas perkuliahan.
Downloads
References
Andrianty, Etty. 2005. Pemanfaatan Jurnal Elektronik dan Kemutakhiran Informasi yang Disitir dalam Publikasi Primer. Bogor: IPB.
Azwar, Muhammad dan Rizka Amaliah. 2017. Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Referensi dalam Penulisan Skripsi di Institut Pertanian Bogor. Libraria, Vol. 5, No. 1, 1-24.
Heriyanto. 2018. Memahami Bagaimana Mahasiswa Melakukan Penelusuran Informasi Melalui Academic Database. Anuva, Vol. 2, No. 4, 369-376.
Jamaluddin. 2015. Mengenal Elektronik Jurnal dan Manfaatnya Bagi Pengembangan Karir Pustakawan. Jupiter, Vol. 14, No. 2, 38-44.
Muharram, Nurlaili. 2020. Pemanfaatan Jurnal Elektronik Sebagai Sumber Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa FITK Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diana Maulida Zakiah, Fithria Rizka S, Ernita Siagian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.