PEMBUATAN KEMASAN SERTA LABELING HOME INDUSTRI KUE BASAH DI SMA AGIA SOPHIA MEDAN

Authors

  • Roberto Roy Purba Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia
  • Mery Lani Purba Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia, Indonesia

Keywords:

industri rumahan; manajemen usaha

Abstract

Usaha kue basah sangat menjanjikan bagi mereka, karena jenis kue ini merupakan makanan ringan yang enak dan mengenyangkan. Selain kedua faktor tersebut, kue basah memiliki banyak penggemar dari segala usia dan latar belakang. Jika melihat kompetitor dalam bisnis yang sama, itu cukup banyak. Dengan inovasi rasa yang enak, ukuran yang cantik dan menarik, harga yang terjangkau, dan yang terpenting sehat dan higienis dengan kemasan dan label yang menarik, sehingga produk mitra dapat bersaing di pasaran dan laris manis. Home group perusahaan Industri Kue Basah di Agia Sophia Medan yang sudah memiliki pelanggan tetap meningkatkan pemasarannya dengan memproduksi kemasan dan label yang menarik untuk usaha kue basah (Sosis Solo, Bakso, Pastel, Lemper dan Martabak Mini). Cari pasar bahkan agen yang ingin menjualnya, sehingga banyak yang membantu mengembangkan usaha kue basah ini. Permasalahan yang dihadapi adalah (1) pengelolaan perusahaan belum maksimal, (2) produk kue yang dipasarkan belum dikemas dengan baik, dan (3) belum terpasangnya label yang menunjukkan produk tersebut. Langkah-langkah yang telah dilakukan selama ini dalam pelaksanaan bakti sosial adalah: Bantuan pengemasan dengan menyediakan alat untuk merekatkan kemasan yang ditempatkan di pasaran agar terlihat rapi yaitu berupa dua buah sealer impuls (besar dan kecil); membantu membuat label yang menarik untuk kemasan dengan mengganti label lama; Bantu pelaksanaan kampanye dengan memasang spanduk kecil di depan rumah mitra. Hasil yang diharapkan pada saat ini adalah peningkatan jumlah pembeli/pelanggan mitra kami yaitu Kelompok Usaha Rumahan Kue Basah Agia Sophia Medan. Tahap selanjutnya adalah evaluasi hasil pengawasan komersial, pengemasan dan pelabelan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, W. 2009. Desain Kemasan dan Label Produk Makanan. Kumpulan Modul Pelatihan. UPT B2PTTG-LIPI Subang.

Albert, 2006. Mengenal Simbol pada Kemasan Plastik. http://ebook.pangan.com. Diakses tanggal 15 Januari 2014

Cenadi, Christine Suharto. 2000. Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Nirmana Vol 2. No. 1, Januari 2000.

Mulyadi Nitisusastro. 2015. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Penerbit Alfabeta.

Triyono, A. 2002. Modul Pengemasan Produk Makanan, Kumpulan Modul Pelatihan UPT B2PTTG-LIPI Subang

Zimmerer, Scarborough. 2011. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil I Edisi 5, Penerbit Salemba Empat.

Downloads

Published

2020-03-13