Sosialisasi Peran Perpustakaan Digital Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
Keywords:
Perpustakaan Digital, Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk memberikan sosialisasi sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman mengenai peran perpustakaan digital dalam pembelajaran jarak jauh pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Mahasiswa yang awalnya melakukan pembelajaran dengan cara bertatap muka di kelas akhirnya harus merubah gaya belajar saat pandemi hadir sejak 2 tahun yang lalu. Pembelajaran jarak jauh pun menjadi pilihan terbaik saat itu atau biasa disebut dengan pembelajaran secara daring. Meskipun pandemi sudah mulai mereda, namun pembelajaran jarak jauh ini masih sering dilakukan oleh beberapa kampus. Pembelajaran jarak jauh dilakukan dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana untuk menghubungkan pendidik dan peserta didik. Dalam proses pembelajaran jarak jauh, kesiapan program, teknologi, pendidik, dan sumber belajar menjadi elemen utama keberhasilan pembelajaran. Perpustakaan sebagai sumber informasi untuk melengkapi sumber belajar harus menjadi perpustakaan yang ideal. Perpustakaan yang ideal merupakan perpustakaan yang mengandung empat kriteria, yaitu: koleksi perpustakaan yang lengkap, pengelola perpustakaan memiliki jaringan yang luas, memiliki akses yang cepat, tepat dan mudah dalam pelayanan informasi, baik manual maupun online, serta memiliki agenda rutin untuk program-program tertentu untuk meningkatkan minat baca dan daya tarik pengunjung Hasil dari kegiatan ini yaitu : (1) Pengetahuan dasar tentang peran perpustakaan digital dalam pembelajaran jarak jauh. (2) Kemampuan skill menelusur informasi dalam bentuk digital untuk mencari referensi tanpa harus beerkunjung secara fisik ke perpustakaan.
Downloads
References
Agus Kusnayat et al., “Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampaknya Terhadap Mental Mahasiswa,” EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran 1, no. 2 (2020): 153–65
Frederick B King et al., “Defining Distance Learning and Distance Education,” no. January (2001).
Marija Bušelić, “Distance Learning-Concepts and Contributions,” Oeconomica Jadertina, 2012, 23–34.
Yi Yang and Linda F Cornelius, “Students’ Perceptions Towards the Quality of Online Education: A Qualitative Approach,” 2003, 861–77
Suryati, S. (2017). Sistem Manajemen Pembelajaran Online melalui E-Learning. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 1(1)
Wijayanti, R. Y. (2017). Pengembangan Perpustakaan Wujudkan Peradaban Bangsa yang Maju dan Bermartabat. Libraria, 5(2)
Suryati, S. (2017). Sistem Manajemen Pembelajaran Online melalui E-Learning. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 1(1)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fithria Rizka Sirait, Ernita Siagian, Ronnie Togar Mulia Sirait
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.