PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN DENGAN KONSEP INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION (IMC) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA SEMESTER VII (TUJUH) PROGRAM STUDI MANAJEMEN FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA

Authors

  • Elizabeth Haloho Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Maretta Ginting Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia
  • Idahwati Idahwati Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Sari Mutiara Indonesia Indonesia

Keywords:

Manajemen Pemasaran, Integrated Marketing Communication (IMC), Kewirausahaan

Abstract

Fungsi pemasaran saat ini tidak hanya menjadi tugas para pemasar di suatu organisasi bisnis. Konsep pemasaran era modern telah bergeser pada suatu pemikiran yang mengemukakan bahwa setiap fungsi di perusahaan memiliki peran strategi dalam mengoptimalkan fungsi pemasaran. Suatu konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari satu rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi –misalnya, iklan umum, respon langsung, promosi penjualan , dan hubungan masyarakat—dan menggabungkan berbagai disiplin tersebut guna memberikan kejelasan, konsistensi, serta dampak komunikasi yang maksimal. Konsep inilah yang pada akhirnya dikenal dengan dengan Integrated Marketing Communication (IMC). Salah satu pilihan mahasiswa/i setelah selesai menempuh pendidikannya adalah menciptakan lapangan pekerjaan yang baru untuk dirinya sendiri atau menjadi seorang entrepreneur. Tentunya tidak mudah bagi pemula untuk merintis usaha baru. Walaupun dibangku perkuliahan mengikuti mata kuliah kewirausahaan namun tetap saja kurang pengalaman atau ketertarikan pada kegiatan kewirausahaan. Dengan demikian diperlukan pendekatan dalam memberikan pemahaman tentang arti penting kewirausahaan yang memberikan wawasan baru untuk merintis usaha setelah menyelesaikan pendidikan. Kegiatan Pelatihan Manajemen Pemasaran Dengan Konsep Integrated Marketing Communication (IMC) Untuk Meningkatkan Motivasi Kewirausahaan Pada Mahasiswa Semester VII (Tujuh) Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia diikuti oleh 45 peserta. Hasil kegiatan ini yaitu peserta memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang menyenangkan   tentang manajemen pemasaran dengan konsep Integrated Marketing Communication (IMC) dalam meningkatkan minat berwirausaha. Dimana sebelumnya para peserta belum memahamai dengan baik tentang manajemen pemasaran dengan konsep Integrated Marketing Communication (IMC) secara teori maupun praktik. Setelah mengikuti pelatihan manajemen pemasaran dengan konsep Integrated Marketing Communication (IMC)  para peserta mampu memahami tentang manajemen pemasaran dengan konsep Integrated Marketing Communication (IMC) terkait minat berwirausaha.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Yenisafitry, Ilvina. 2016. Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (IntEgrated Marketing Communication) Pada PT. Asuransi Jiwa Bringin Jiwa Sejahtera Palembang. Skripsi. Palembang : Politeknik Negeri Sriwijaya

Kotler, Philip & Armstrong, Garry. 2001. Dasar – Dasar Pemasaran Ed. 9. Jakarta : PT. Indeks

Shimp, Terence A. 2000. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpad Ed. 5. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2022-02-07