PENYULUHAN MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN MELALU PELATIHAN PEMBUATAN SABUN CUCI PIRING BAGI SISWA / I SMK NEGERI 3 MEDAN
Keywords:
Sabun Cuci Piring, Kewirausahaan, PemasaranAbstract
Kegiatan penyuluhan manajemen kewirausahaan melalui pelatihan pembuatan sabun cuci piring yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Medan. Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan prosedur pembuatan sabun cuci piring secara sederhana kepada siswa/i di SMK tersebut serta teknik manajemen pemasaran yang efektif dalam pendistribusian produk sabun cuci piring sehingga dapat dijadikan suatu usaha home industry. Sabun cuci piring yang berfungsi sebagai penghilang kotoran dan lemak yang melekat pada piring dan gelas merupakan salah satu kebutuhan dalam rumah tangga yang sangat vital. Berbagai inovasi untuk sabun telah tercipta mulai dari bentuk batangan, cream, maupun bentuk cairan konsentrat. Dengan mampu nya para siswa/i ini membuat sendiri cairan sabun cuci piring berarti telah berperan dalam menghemat anggaran rumah tangga, serta akan menciptakan peluang usaha yang baru apabila dapat diproduksi secara massal dengan teknik pemasaran yang strategis dan efektif. Harapan kedepannya dari kegiatan pengabdian masyarakat ini siswa/i dapat berkarya dengan memproduksi sabun cuci piring yang baik dan berkualitas serta memenuhi standar baik untuk konsumsi pribadi maupun komersil. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini ada 3 sesi yang dilakukan, yang pertama adalah sosialisasi tentang jenis-jenis sabun beserta fungsinya. Sesi kedua adalah pelatihan pembuatan sabun cuci piring. Bahan dasar pembuatan sabun cair yang dipakai dalam kegiatan ini ada 3 bagian yaitu SLS, Texapon dan Garam, sedangkan bahan aditif yang digunakan yaitu zat Parfum, Pengawet, Pengental dan Zat Pewarna. Setelah itu sesi yang terakhir adalah menghitung biaya produksi untuk membuat sabun cair dan strategi dalam pemasaran produk yang dibuat. Karena menggunakan alat-alat yang sederhana diharapkan siswa/i dapat mencobanya dirumah.
Downloads
References
Anonim. 2017. Sabun Cuci. http://www.sunlight.co.id/artikel/detil/780293sejarah-sabun-cuci-piring-sunlight. Diakses 24 Maret 2017.
Aninim. 2017. Jenis-Jenis Strategi Pemasaran. http://berinovasi.com/2018/01/03/jenis-jenis-strategi-pemasaran-yang-efektif-bagi-usaha-anda/. Diakses 24 Maret 2017.
David, S.P., 1995 Prinsip-Prinsip Biokimia. Universitas Airlangga, Surabaya.
Lehninger, A.. 1995. Dasar-Dasar Biokimia. Alih Bahasa : Maggy Thenawidjaya. Erlangga, Jakarta.
Poedjiadi, A. 1994. Dasar-Dasar Biokimia. Universitas Indonesia Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdimas Mutiara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.