ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENINGKATAN PELANGGAN HOTEL

Authors

  • Burhanuddin Damanik Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v3i2.412

Abstract

Tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan banyak perusahaan yang kemudian tidak lagi memfokuskan aktivitas pemasaran mereka semata-mata pada pencarian pembeli baru, namun sudah lebih kepada usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan lama. Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi dalam bidang pemasaran yang saat ini semakin banyak diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Penerapan Customer Relationship Management banyak diterapkan pada perusahaan maskapai penerbangan, hotel, sampai perusahaan yang bergerak dalam bisnis Super Market dengan program kepemilikan membership card. Penelitian ini bertujuan dalam mengembangkan konsep CRM yang mendukung layanan terhadap pelanggan, sehingga perusahaan mampu mendapatkan pelanggan baru dan memanfaatkan informasi pelanggan guna meningkatkan nilai transaksi dan mempertahankan loyalitas pelanggan. Hasil yang dicapai adalah perancangan Customer Touching Application yang merupakan suatu aplikasi penyedia dan pengelola informasi yang dapat digunakan oleh pelanggan dalam memenuhi kebutuhan akan informasi secara cepat. Dari penerapan aplikasi diharapkan perusahaan dapat lebih menghargai pelanggannya sehingga hubungan baik dapat tercipta, yang akhirnya membawa keuntungan bagi perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2019-01-25

How to Cite

Damanik, B. (2019). ANALISIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM PENINGKATAN PELANGGAN HOTEL. JURNAL MAHAJANA INFORMASI, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.51544/jurnalmi.v3i2.412

Most read articles by the same author(s)