ANALISIS PEMANFAATAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI SMA NEGERI 1 MEDAN
Keywords:
Pemanfaatan koleksi, bahan pustaka, perpustakaan sekolah, minat bacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan koleksi bahan pustaka di SMA Negeri 1 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara serta melalui observasi langsung terhadap aktivitas di perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi bahan pustaka yang paling sering dimanfaatkan oleh siswa adalah buku pelajaran, diikuti oleh bahan referensi seperti ensiklopedia dan kamus. Sedangkan, koleksi fiksi dan majalah kurang diminati. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan bahan pustaka di antaranya adalah ketersediaan koleksi, kenyamanan fasilitas perpustakaan, serta peran pustakawan dalam membantu pengguna menemukan informasi yang dibutuhkan. Penelitian ini menyarankan agar perpustakaan SMA Negeri 1 Medan meningkatkan koleksi fiksi dan bahan bacaan lainnya yang diminati siswa, serta mengoptimalkan peran pustakawan dalam meningkatkan minat baca siswa.
Downloads
References
Aan Prabowo dan Heriyanto, “Analisis Pemanfaatan Koleksi E-Book oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA N 1 Semarang “ Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol.2 No.2, h.4 diakses dari https://ejournals.undip.ac.id pada tanggal 20 Maret 2021
Kamus Besar Bahasa Indonesia Online diakses Dari Https://Kbbi.Web.Id/Manfaat pada tanggal 05 Maret 2021.
Kohar, Ade. (2003). Teknik Menyasun Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Jakarta: Pustakawan Madya-PDII LIPI
Maryatun, “Pemanfaatan Database EBSCO Dan Proquest Sebagai Rujukan Penyusunan Tesis Dan Disertasi Bagi Mahasiswa Program Magister Sains Dan Doktor Fakultas Ekonomika Dan Bisnis UGM: Analisis Sitiran Jurnal Ilmiah.