MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PELAJARAN IPA MATERI SUMBER ENERGI  DIKELAS III  SD NEGERI 066652  BAKTI LUHUR  MEDAN HELVETIA 

Authors

  • Winny Sunfriska Limbong Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Nanda Ayu Setiawaty Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Lasmian Panjaitan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Diskusi, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi dengan menggunakan metode diskusi berbantuan media audio visual pada siswa kelas III SD Negeri 066652 Bakti Luhur Medan Helvetia  yang berjumlah  20  siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus yang masing-masing siklus satu kali pertemuan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan  data digunakan dalam pembelajaran metode diskusi berbantuan media audio visual  adalah dengan menggunakan data  kuantitatif  dan data kualitatif dan instrumen pengumpulan data tes hasil belajar berbentuk lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa dan tes isian. Berdasarkan  hasil penelitian menunjukan bahwa Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Diskusi Berbantuan Media Audio Visual  Pada  Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dikelas III SD Negeri 066652 Bakti Luhur Medan Helvetia. Hal tersebut terbukti  dengan adanya hasil belajar siswa siklus I dan Siklus II. Hasil  belajar siswa pada pra siklus, tingkat ketuntasan  adalah 30 % dengan nilai rata-rata  sebesar 58,5. Hasil  belajar siswa pada  siklus I, tingkat ketuntasan menjadi  60%  dengan nilai ratarata 67. Kemudian Hasil  belajar siswa pada siklus II tingkat ketuntasan menjadi 85% dengan nilai rata-rata 80. Dan hasil pelaksanaan observasi aktivitas guru siklus I dengan persentase 69,23% sedangkan observasi aktivitas siswa siklus I persentase 67,10% dengan kategori cukup. Dan hasil pembelajaran observasi aktivitas guru siklus II dengan persentase 84,61% sedangkan observasi aktivitas siswa siklus II persentase 85,52%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Muhammad, Dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran diSekolah. Semarang. Unissulas Press.

Arikunto, Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara.

Aqib, Zainal, Dkk. 2018. Kumpulan Metode Pembelajaran. Bnadung. Satunusa.

Duludu, A.T.A, Ummyssalam. 2017. Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran (PLS). Yogyakarta. Budi Utama.

Istarani. 2012. Kumpulan 40 Metode Pembelajaran. Medan. Media Persada.

Istirani, Dkk. 2017. Ensiklopedi Pendidikan. Medan. Media Persada.

Kapungu, Yunita, Dkk. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran IPA Melalui Penggunaan Media Gambar diKelas III SDN Santigi Pada Materi Makhluk Hidup. e_journal. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Vol.4. No.5.

[(Online)]. [(17 Maret 2019)].

Kerlinger. 2006. Asas-asas Penelitian Behavioral Edisi Tiga. Yogyakarta. Gajah Mada Universty Press.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

MT, Pudjanarsa, Astu, Ir, Dkk. 2018. Mesin Konversi Energi.Yogyakarta. Andi.

Downloads

Published

2020-11-19