PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAKELAS V SD SWASTA TP DAYA CIPTA T.A 2020/2021

Authors

  • Winny Sunfriska Limbong Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Taruli Marito Silalahi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rusliandani Rusliandani Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Mind Mapping; Hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA  melalui pembelajaran daring dan luring pada masa pandemik covid-19  siswa kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini ialah Pre-Eksperimental Design.Waktu penelitian dilakukan tanggal 07 - 10 juni 2021. Subjek penelitian  ialah seluruh peserta didik kelas V SD dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 30 peserta didik.  Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA  melalui pembelajaran daring dan luring pada masa pandemik covid-19  siswa kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai thitung = 7.948 > ttabel = 1.701, sehingga thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping melalui pembelajaran daring dan luring dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatasia Nandhita Asriningtyas, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Suruh 01. Jurnal Unimus .
Andri Saleh. 2008. Kreatif Mengajar Dengan Mind Mapping. Bandung: CV. Regina.
Andri Soesilo. 2021. (Di akses pada 18 Maret 2021 pukul 19:00 Wib)."Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa". https://andrisoesilo.blogspot.com/2014/10/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa.html.
Aprida Pane, dkk. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman .
Aris Shoimin. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Aristianto. 2019. Keefektifan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SDN 03 Wonosari Batang. Jurnal Profesi Keguruan.
Arlina. 2019. ”Jenis - Jenis Hasil Belajar". (Di akses jumat 11 maret 2021 pukul 11: 20 Wib).https://mestinyagimanaa.blogspot.com/2016/01/jenis-jenis-hasil-belajar.html#:~:text=Dalam%20proses%20belajar%20terdapat%20Jenis,afektif%2C%20dan%20hasil%20belajar%20psikomotorik.
Binti Muakhirin. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru
Chusnul Nurroeni. 2013. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education
Desak Made Ayu Sti Anggreni, dkk. 2017. Pengaruh model pembelajaran mind mapping berbasis karakter terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha .
Dewi Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan
Edi Riadi. 2016. Statistika Penelitian(Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Elma Silvia. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di SDN Ciater Tanggerang Selatan. Jurnal Ilmiah Kependidikan
I Gusti Ayu Sri Juniantari, dkk. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Berbantuan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal ilmiah sekolah dasar .
Laila Nur Setyaningsih. 2019. Pengaruh Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS kelas V SDN 09 Pontianak Timur. Artikel Penelitian.
Malyana Andasia. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung.Pedagogia:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia
Md Mei Yudiarki, dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Saviber Bantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. e-journal : PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD.
Muhammad Husni, dkk. 2018. Memahami konsep pemikiran mind map tony buzan (1970) dalam realitas kehidupan belajar anak.Al-Ibrah.
Natriani Syam, dkk. 2015. Penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SDN 54 Kota Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan .
Putria Hilna, dkk, 2020. Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 Pada Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu
Riduwan. 2018. Dasar- Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sandu Siyoto. 2015. Dasar Metodologi Pendidikan. Karanganyar-Klodangan: Literasi Media Publishing.
Sudaryono. 2019. Metodologi Penelitian:Kualitatif, Kuantitatif, dan Mix Method.Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafnidawaty. "Metodologi Penelitian".(Di akses pada 28 Maret 2021 pukul 12.42). https://raharja.ac.id/2020/10/25/metodologi-penelitian/.
Yonarlianto Tembang, dkk. 2019. Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Zainal Arifin. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
SPSS Indonesia."Olah Data Statistik Dengan SPSS". (Diakses pada tanggal 28 Agustus 2021 pukul 01.41). https://www.spssindonesia.com/2016/08/cara-uji-paired-sample-t-test-dan.html
SPSS Indonesia. ”Cara Menghitung N-Gain Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol dengan SPSS". (Diakses pada tanggal 16 September 2021 pukul 21.28). https://www.spssindonesia.com/2019/04/cara-menghitung-n-gain-score-spss.html

Downloads

Published

2021-10-29