PENGARUH PERMAINAN BISIK BERANTAI TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NASRANI 1 MEDAN

Authors

  • Hilma Mithalia Shalihat Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Sondang Purba Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mei Lina Girsang Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ade Trinitatis Nehe Program Studi PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Permainan Bisik Berantai, Kemampuan Berbahasa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia 5 - 6 Tahun di TK Nasrani 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pra - Experimental One Group Pretest dan Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah anak kelas B yang berjumlah 15 orang anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan statistik SPSS 29 dengan rumus mean, median, modus, uji normalitas shapiro-wilk, paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kemampuan berbahasa anak pada pretest di peroleh rata-rata 9.8 dengan persentase 49%, setelah adanya perlakuan atau Posttest mengalami peningkatan dengan skor rata-rata 13.93 dengan persentase 82%. Berdasarkan hasil uji hipotesis, hasil analisis paired sampel t - test menunjukkan bahwa t - hitung < t - tabel (Nilai -13,484 < 1.75305) menunjukkan signifikan sebesar < 0,05 yang artinya bahwa terdapat pengaruh permainan bisik berantai terhadap kemampuan berbahasa anak usia 5 - 6 tahun di TK Nasrani 1 Medan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggun, K. P., & Renti, O. Analisis Hubungan Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2).

Ashari, N., Halifah, S., & Kholilah, E. A. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Permainan Bisik Berantai Anak Kelompok B Di Ra Umdi Al-Ihsan Parepare. Anakta Journal, 1(2), 73-79..

Bahartiar, B., & Arwadi, F. 2020. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Konsep, Teknik, Prosedur Analisis :Badan Penerbit UNM (2020).

Chandrawaty, I. P., Sari, D. A., Badroeni, H., Dewi, R. S., & Wati, D. E. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini: Perspektif Dosen Paud Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Jakarta: Edu Publisher.

Ekarini, D., & Oktaria, R. 2023. Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 119-127.

Friantary, H. (2020). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Zuriah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 127-136.

Hastuti, E. W., & Kusumaningtyas, L. E. (2017). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pesan Berantai. Jurnal Audi: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi Paud, 2(2), 91-97.

Lovita, I., & Ismet, S. (2021). Studi Permainan Bisik Berantai Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jce (Journal Of Childhood Education), 5(1), 107-116.

Oliviera, R. A., Haenilah, E. Y., & Sasmiati, S. 2020. Pengaruh Bermain Bisik Berantai Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 3(1).

Retyuningsih, R., Aliyah, N., & Fitri, A. W. (2023). Pengaruh Permainan Bisik Berantai Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Journal On Teacher Education, 4(3), 74-84

Roswati, E. (2020). Meningkatkan Kosakata Anak Usia Dini Melalui Permainan Chinese Whispers. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7, 32-36

Sari, M., Effendi, D., & Wahyuni, G. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun. Penerbit Nem.

Downloads

Published

2021-05-03