Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Usia 5-6 Tahun Selama Belajar Online Di TK Swasta Talitakum Medan

Authors

  • Mei Lyna Girsang Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hilma Mithalia Shalihat Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ruth Donda Panggabean Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rini Juliana Lahagu Program Studi PG PAUD, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Peran Orang Tua; Anak Usia 5-6 Tahun; Belajar Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam mendampingi anak usia 5-6 tahun selama belajar online di TK Swasta Talitakum Medan serta mengetahui usaha yang dilakukan orang tua dalam mendampingi anak usia 5-6 tahun selama belajar online di TK Swasta Talitakum Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa kelas B TK Talitakum Medan yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa orang tua berperan sebagai guru, motivator, fasilitator, dan pembimbing bagi anak selama belajar online. Usaha yang dilakukan orang tua dalam mendampingi anak selama belajar online yaitu mengajari anak belajar, melihat jadwal dan kegiatan pembelajaran anak, mengingatkan  dan membantu anak mengerjakan tugas, membagi waktu antara bekerja dan mengajari anak, menggunakan waktu luang seperti malam hari dan hari libur untuk menemani anak belajar, membuat lawak, dan membujuk anak, serta menyediakan media belajar anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-12