PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KEMASAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK TEH BOTOL SOSRO

Authors

  • Saurma MGP Siahaan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Kualitas Produk, Harga, Promosi, Citra Merek, Keputusan Pembelian

Abstract

Banyaknya produk minuman kemasan botol yang beredar di pasaran menunjukkan ketatnya persaingan penjualan produk . Pada Top Brand Index periode 2017-2020 terjadi penurunan persentase yang dialami oleh produk Teh Botol Sosro sebesar 14.5%. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan data primer kuantitatif, tahap uji yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda,uji t, uji f dan koefisien determinasi. Data dalam penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner, dan data yang berhasil dikumpulkan sebanyak 100 responden. Metodepengambilan sampel pada penelitian ini  adalah non probabilitiy sampling dengan teknikpurposive sampling.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro. Sedangkan citra merek tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Seacara simultan kualitas produk, harga, promosi dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian minuman kemasan Teh Botol Sosro.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti Tika, Rahmidani Rose. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice di Kota Padang. Eco Gen Volume 2, Nomor 3, 5 September 2019.

American Accounting Association, Committee on Concepts and Standards for External Financial Reports. 1977. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance. Sarasota, FL:AAA.

Astuti, R., Abdullah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Promositerhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah, Jurnal Ilman, 5(2), 14-23

Gaol Indah Lestari Lumban. Sinurat Sinar. Siagian Edward Robinson. 2019. Implementasi Data Mining dengan Metode Regresi Linear Berganda untuk mempredeksi Data Persediaan Buku pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Area Sumatra Utara. Komik (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer) Volume 3, Nomor 1, Okteber 2019 DOI: 10.30865/komik.v3i1.1579

Gagnan, A., B., Badie, S., L. (2018). Symmetry Influences Packaging Aesthetic Evaluation and Purchase Intention,International Journal of Retail & Distribution Management, 46(11/12), 1026-1040. (Husain, 2018)

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Hia, N., Sihombing, M. U. S., & Simamora, N. (2020). Strategi Komunikasi Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 2(2), 138-144.

Khuong, M., N., Tran, N., T., H. (2018). The Impact of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention. International Journal of Trade9(1) 8-13

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2014. Principle Of Marketing. 12th edition Jilid 1 Terjemahan oleh BOB Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas Jilid I. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi Edisi ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Lumban Toruan, R. M. L. (2021). Efektivitas Aplikasi Ruang Guru sebagai Medium Komunikasi dalam Kegiatan Bimbingan Belajar Daring di Kalangan Siswa SMA di Kota Medan (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

NAPITUPULU, EVI ENITARI (2020) REVITALISASI ULOS DALAM MENDUKUNG EKONOMI KREATIF SAMOSIR SUMATERA UTARA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta

Putri, N., P., S., E., Tirtayani, L., A., Ganing, N., N. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terahadap Kemampuan Sosial pada Anak Kelompok B di TK Gugus III Kecamatan Tampaksiring Tahun Ajaran 2017/2018, E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1-10

Quoquab, F., Pahlevan, S., Thurasmy, R. (2017). Factors Affecting Consumers’ Intention to Purchase Counterfeit Product: Empirical Study in Malaysian Market, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, 29(4), 837-853

Samodro. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan dan Minuman Oleh-Oleh di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda pada Desain Kemasan, Widyakala, 5(1), 66-76

Satria Arief Adi. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 2, Nomor 1, April 2017.

Siswoyo Sanjaya Pranata. (2018). Dampak Kualitas Produk, Promosi, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pelanggan Dalam Usaha Sambal. Performa: Jurnal Manajemen dan Start-UpBisnis Volume 2, Nomor 6, Februari 2018

Tambunan, E. (2019). Pengaruh Promosi dan Kulitas Produk terhadap Minat Beli Mahasiswa Farmasi pada Kosmetik Wardah di Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan, Jurnal Ilmiah“INTEGRITAS”, 5(1) 1-26

Tunky, H., & Kohardinata, C. (2017). Perancangan Desain Kemasan Pada Merk Keripik Pisang Bananation Di Surabaya. Jurnal Performa, 1(5), 576-583.

Wijaya Willy. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Makanan Terhadap Kepuasan Konsumen di Yoshinoya Galaxy Mall Surabaya. Program Manajemen Perhotelan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Petra Vol 5, No 2 (2017) Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas Jilid I. Jakarta: Indeks.

Rao, Purba. 2006. Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis. The Asian Manager (February-March).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Center for Academic Publishing Service. Yogyakarta.

Wijaya, Stefanny. 2019. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Brand Preference (Studi Komparasi Antara Teh Botol Sosro dan Teh Pucuk Harum). Skripsi. Universitas Katolik Parahyangan. Bandung

Downloads

Published

2020-05-03