PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA

Authors

  • Saurma MGP Siahaan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sari Mutiara Indonesia. Analisis data menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sig. = 0,012 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal. Selain itu, nilai R Square atau koefisien determinasi adalah 0,048 yang berarti konsep diri memiliki kontribusi pengaruh sebesar 4,8% terhadap komunikasi interpersonal siswa, sedangkan sisanya sebesar 95,2% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa.

Kata Kunci: Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustiani H. 2006. Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi Kaitannya dengan Konsep Diridan Penyesuaian Diri pada Remaja. Bandung: PT. Refika Aditama.

Damarhadi, S., & Cahyani, B. H.2013. Hubungan Antara Konsep Diri dengan Komunikasi Interpersonal PadaAnggota Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bantul.Jurnal Spirits,3(2):2087.

Devito, Joseph A. 2007. The Interpersonal Communication Book.America.Library of CongresCataloging-in-Publication Data. Boston: Printed in the United States of America.

Giri, R. I. S. 2016. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal Pada MahasiswaYang Berasal Dari Provinsi X(Doctoral dissertation,Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hardjana, A.M. 2003. Komunikasi Interpersonal & Interpersonal. Jakarta: Kanisius.

Hia, N., & Siregar, M. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pada Hotel Bumi Himalaya Medan. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 3(2), 23-35.

Lumban Toruan, R. M. L. (2018). Terpaan Iklan Vivo V7+ dan Minat Membeli Produk (Studi Korelasional Tentang Pengaruh Terpaan Iklan Vivo V7+ Versi Agnez Mo “Clearer Selfie” Di Televisi Terhadap Minat Beli pada Kalangan Mahasiswa USU) (Doctoral dissertation).

Onong U. Effendy. 2003. Ilmu Komunikasi teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prayitno, Duwi. 2012. Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS. Jakarta: PT. BUKU SERU.

Rahmad, J. 2002. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susana T., DKK. 2006. Konsep Diri Positif. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Suranto Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wood, Julia T. 2013. Komunikasi Interpersonal: Interaksi Keseharian. Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2019-12-08