Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo

Authors

  • Trinitas Gaurifa Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rianto Sitanggang * Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Immanuel H G Manurung Program Studi Sistem Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Penerimaan peserta didik baru, Analytical Hierarchy Process (AHP)

Abstract

Pada penelitian ini membahas mengenai sistem penyeleksian pada proses penerimaan peserta didik baru menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) pada SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo. Kriteria yang digunakan pada metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yaitu Nilai Ujian Nasional, Nilai Rata- Rata Raport, Nilai Ujian Akhir Sekolah dan Nilai Tes Tertulis. Dari hasil pengolahan data 4 orang calon siswa baru sebagai data sampel maka diperoleh hasil seleksi calon siswa baru yang paling tinggi nilainnya sampai terendah sehingga disimpulkan proses pengambilan keputusan sangat optimal dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi literatur. Metode perancangan software yang digunakan pada penelitian ini adalah Waterfall. Sedangkan metode pengujian yang digunakan adalah Black-Box.

Hasil dari pengujian aplikasi menyimpulkan bahwa aplikasi ini bermanfaat dan membantu pihak sekolah dalam melakukan proses penyeleksian calon peserta didik baru. Sistem pendukung keputusan ini masih jauh dari kesempurnaan. Apabila ada yang berniat untuk mengembangkan sistem ini maka disarankan untuk adanya pengembangan yang lebih dapat menyempurnakan aplikasi sistem pendukung keputusan ini dan penambahan fitur-fitur pada aplikasi website nya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Y. Lestari, S. S, and A. Fadlil, “Seleksi Peserta Didik Baru Menggunakan Metode AHP Dan SAW,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 4, no. 1, p. 1, 2020, doi: 10.30645/j-sakti.v4i1.183.

A. T. Purba, “Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penerimaan Mahasiswa Baru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Tekinkom, vol. 1, no. 1, p. 1, 2018.

A. Giovani, T. Haryanti, and L. Kurniawati, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada SMP Islam Al-Azhar 6 Jakapermai Bekasi.,” SATIN - Sains dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2020.

E. Yunaeti, Anggraeni, and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta, 2017.

M. I. Dzulhaq, Sutarman, and S. Wulandari, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Siswa Baru Dengan Metode Simple Additive Weighting Di SMK Kusuma Bangsa,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 2, pp. 1–2, 2017.

R. D. Prehanto, Konsep Sistem Informasi. Surabaya, 2020.

Ilham, G. Suwijana, and Nurdin, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA PADA SMK 2 SOJOLO MENGGUNAKAN METODE AHP,” Elektron. Sist. Inf. dan Komput., vol. 4, pp. 48–58, 2018.

T. Limbong, Muttaqin, and A. Iskandar, Sistem Pendukung Keputusan Metode & Implementasi. Medan, 2020.

N. Wijayanto, “Penerapan Metode AHP ( Analytical Hierarchy Process ) Untuk Pemilihan Jurusan pada Perguruan Tinggi Berbasis Website ( Studi Kasus : SMAN 1 Wungu Madiun ),” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun., pp. 183–190, 2019.

D. Gustian, M. Nurhasanah, and M. Arip, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan Dengan Metode Analytical Hierarchy Process,” J. Komput. Terap., vol. 5, no. Vol 5 No 2 (2019), pp. 1–12, 2019, doi: 10.35143/jkt.v5i2.3336.

S. Sigalingging, B. Damanik, D. M. Hutagalung, and I. H. G. Manurung,

Downloads

Published

2023-05-31

Most read articles by the same author(s)