PENETAPAN KADAR VITAMIN C DENGAN MENGGUNAKAN METODE IODOMETRI PADA PAPRIKA KUNING (Capsicum annuum var. grossum) YANG DIBUDIDAYAKAN SECARA HIDROPONIK DAN DITANAM DI TANAH

Authors

  • Rialita Lifiani* Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ruth Christiani N Daely Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ester Saripati Harianja Program Studi S1 Farmasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

paprika kuning, vitamin C, hidroponik, iodimetri

Abstract

Paprika kuning merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C adalah zat gizi mikro yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Vitamin C merupakan senyawa yang bersifat reduktor kuat dan mudah larut dalam air. Berdasarkan sifat reduksi yang dimiliki oleh vitamin C dapat menjadi alasan pemilihan cara penetapan kadar secara iodimetri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar vitamin C dari buah paprika kuning hidroponik dan untuk mengetahui perbedaan kadar vitamin C dari buah paprika kuning hidroponik dan paprika kuning yang ditanam di tanah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif untuk mengetahui kadar vitamin C pada paprika kuning yang dibudidayakan secara hidroponik dan paprika kuning yang ditanam di tanah dengan menggunakan metode titrasi iodimetri. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan secara titrasi iodimetri di dapat kadar rata-rata pada paprika kuning yang dibudidayakan secara hidroponik sebesar 98,63 ± 0,1287 mg/100g dan paprika kuning yang ditanam di tanah sebesar 86,19 ± 0,1291 mg/100g. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kadar vitamin C pada paprika kuning yang dibudidayakan secara hidroponik lebih tinggi dari kadar vitamin C yang ditanam di  tanah karena faktor tempat tumbuh dan nutrisi tanaman yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriana, yolla A.N. 2020. Analysis of Vitamin C Levels in Citrus Fruits Using the Iodometric Titration Method. Volume 17 No 1, April 2020. Program Studi Farmasi. Universitas Muhammadiyah Purwokerto : Purwokerto.

Alviani, Puput. 2015. Bertanam Hidroponik Untuk Pemula. Pondok Kelapa : Bibit Publisher.

Arnita, Juni. 2012. Penetapan Kadar Vitamin C Dari Paprika (Capsicum Annum Var Grossum) Secara Volumetri Dengan 2,6-Diklorofenol Indofenol. Skripsi Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara : Medan.

Djuanda, Erwin. 2011. Anti Aging Rahasia Awet Muda. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia : Jakarta

Erwanto. Danang. dkk. 2018. Pengolahan Citra Digital Untuk Menentukan Kadar Asam Askorbat Pada Buah Dengan Metode Titrasi Iodimetri. Jurnal Ilmiah : Volume 12 No. 2, Desember 2018 : 73 – 84 : Kediri.

Fatimah, St. 2011. Peningkatan Imunitas dengan Konsumsi Vitamin C dan Gizi Seimbang Bagi Ibu Hamil Untuk Cegah Corona Di Kota Tegal, J. Sains & Teknologi, Desember 2011. Vol. 7 No. 3.

Gandjar.I.G, Rohman.Abdul. 2007. Kimia Farmasi Analisis. Gadjah Mada University Press : Yoyakarta.

Ganiswarna. Sulistia.G. 1995. Farmakologi Dan Terapi. Fakultas Kedoteran, Universitas Indonesia : Jakarta.

Harefa, Nelius. dkk. 2020. Analisa Kandungan Vitamin C Bahan Makanan dan Minuman dengan Metode Iodometri. Science Education and Application Journal ( SEAJ) Vol.2, No.1, Maret 2020. Program Studi Pendidikan Ipa. Universitas Islam : Lamongan .

Hasanah, Uswatun. 2018. Penentuan Kadar Vitamin C Pada Mangga Kweni Dengan Menggunakan Metode Iodometri. Vol. 16 (1) Juni 2018Fakultas MIPA Biologi. Universitas Negeri Medan : Medan.

Istiqomah. S.2006. Menanam Hidroponik. Jakarta : Azka Press.

Lingga, P. 2004. Bercocok Tanam Tanpa Tanah. Penebar Swadaya: Jakarta

Lingga.lanny, 2012. Healt Secret Of Pepper (Cabai). Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Moekasan. K.Tonny. dkk. 2011. Pengendalian Hama Terpadu Pada Budidaya Paprika. Pusat Penelitian Dan Pengenbangan Hortikultura Dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian Republik Indonesia : Jakarta.

Purbajanti. D. Endang, Widya Slamet, Dan Florentina Kusmiyati. 2017. Hydroponic :bertanam tanpa tanah. Semarang : EF Press Digimedia.

Pursitasari, Indarini Dwi. 2014. Kimia Analitik Dasar dengan Strategi Problem Solving dan Open-ended Experiment. Bandung: Alfabeta.

Rachmat, Muchjidin. 2006. Standar Prosedur Operasional (SPO) Paprika Di Greenhouse. Departemen Pertanian, Direktorat Jendral Hortikultura : Jakarta.

Silviana,Ernita, dkk. 2019. The Comparison Of Potassium Iodate Concentration In Jangka Salt Of Matang Glumpang Dua Production From The Cooking And Natural Drying Process By Iodometri Method. ANAFARMA Banda Aceh : Aceh.

Sebayang. Lukas. 2014. Bercocok Tanam Paprika. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sumatera Utara : Medan.

Sudjadi, Rohman.Abdul. 2018. Analisis Kuantitatif Obat. Gadjah Mada University Press : Yoyakarta.

Techiamuti, Novalisha dan Rimadani Pratiwi, 2018. Review :Metode Analisis Kadar Vitamin C. Farmaka. Suplemen Volume 16

Wahyudi. 2011. Panen Cabai Sepanjang Tahun. Jakarta : Pt. Agromedia Pustaka.

Winarno, 1997. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Warsi. Any, Guntarti. 3013. Antioxidant Activity Of Methanolic Extract Of Green Paprica Fruit (Capsicum annum L.) Jurnal Ilmiah Kefarmasian, Vol. 3, No. 1, 2013. Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan : Yogyakarta.

Wibisono, Y. (2005). Metode Statistik. Cetakan I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yazid.Estein Dan Lisda Nursanti, 2006. Penuntu praktikum biokimia untuk mahasiswa analis. Ed.1. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Downloads

Published

2020-11-19