Perancangan Autoclave Berbasis Sistem Monitoring

Authors

  • Alfa Nugraha Program Studi Teknologi Elektro-medis Universitas Sari Mutiara Medan, Indonesia
  • Fitria Priyulida Program Studi Teknologi Elektro-medis, Universitas Sari Mutiara Medan, Indonesia
  • Eriansyah Putra Program Studi Teknologi Elektro-medis, Universitas Sari Mutiara Medan, Indonesia

Keywords:

Autoclave, Arduino Nano, Sensor Thermocopel

Abstract

Autoclave adalah alat pemanas tertutup dan digunakan untuk mensterilisasikan benda dengan menggunakan uap bersuhu dan bertekanan tinggi 121 derajat celcius selama kurang lebih 15 menit, tujuannya untuk me mbunuh endospora, yaitu sel resisten yang diperoduksi oleh bakteri, sel ini t ahan t erhadap pemanasan, kekeringan dan antibiotic. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian  rancang  bangun  Autoclave  dengan pengatur suhu berbasi Arduino nano. Penulis melakukan penelitian ini bertujuan untuk men ghasilkan Autoclave yang dilengkapi dengan pengatur t imer pada suhu sehingga dapat menghe mat t enaga dan waktu dalam men ggunakan Autoclave . Hasil pengukuran dilakukan pada suhu 45 derajat celcius, 100 derajat celcius, DAN 121 derajat celcius pada alat didapatkan untuk alat dapat mencapai suhu 45  derajat celcius dibutuhkan waktu 5 menit serta untuk alat mencapai pada suhu 100 derajat celcius dibutuhkan waktu 14 menit dan untuk  alat  dapat mencapai suhu 121  derajat celcius dibutuhkan waktu 20 menit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Samarayanake LP. 2006. Essential Microbiology for Dentistry. USA: Elsevier Limited
Lay, B, 2005 Analisa Mikroba di Laboratorium, Raja Grafidin Persada ,Jakarta.
M. M. Fauzi Abdillah , Tribowo Indarto ST , MT , Endro
Yulianto,ST,”Modifikasi Autoclave Berbasis Mikrokontroller ATS51,”no.10.
U. Brawijaya and U. Brawijaya,”Instruksi Kerja Pemakaian Autoclave Program Laboratorium Mikrobiologi dan Imunologi Instruksi Kerja Pemakaian Autoclave Program kedokteran Hewan,”J.Kesehat.,VOL.3,PP.1-3,2012.
Insan Sunan Kurniawan Syah”Penentuan Tingkat Jaminan STERILISASI PADA AUTOCLAVE DENGAN INDIKATOR BIOLOGI SPORE STRIP” Vol14.,No

Downloads

Published

2022-08-16