HUBUNGAN PELAYANAN KEFARMASIAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT IBU DAN ANAK PROVINSI ACEH

Authors

  • Supartiningsih Supartiningsih Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Humairah Humairah Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

Keywords:

Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan, Pasien

Abstract

Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dengan tanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan pelayanan kefarmasian dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Pelayanan kefarmasian dapat diukur dengan pemberian informasi obat. Kepuasan pasien adalah tolak ukur dari pelayanan kefarmasian agar terwujudnya derajad kesehtan yang setinggi-tingginya. Dari survey pendahuluan yang dilakukan di Rumah Sakit Ibu dan Anak Provinsi Aceh terdapat 8 orang yang merasa kurang puas terhadap pelayanan kefarmasian. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyaknya keluhan masyarakat tentang ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Provinsi Aceh. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian adalah pasien yang mendapatkan pelayanan kefarmasian, dan yang menjadi sampel adalah pasien rawat jalan dengan total sampel 64 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dari jumlah seluruh pasien yang berobat di Rumah Sakit. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling. Penelitian ini dilakukan sampai pemperoleh total sampel yaitu sebanyak 64 orang   dengan cara membagikan 2 kuesioner yaitu kuesioner pelayanan kefarmasian dan kuesioner tingkat kepuasan pasien yang hasil penilitain di olah dengan menggunakan uji chi-square. Dan dapat disimpulkan bahwa hubungan pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Ibu dan Anak Provinsi Aceh berada pada katagori puas dengan presentase 87,5%. Dan di harapkan kepada Rumah Sakit untuk tetap mempertahankan kualitas tingkat kepuasan yang telah dicapai guna untuk memperoleh kualitas kesehatan yang setinggi-tingginya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Kesehatan Rupublik Indonesia. 2008. Standar Pelayanan Minamal Rumah Sakit, Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tentang Rumah Sakit. Jakarta.
Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Peraturan Menteri Kesehatan Republic Indonesia Nomor 51 Tahun 2009 Tentang Pekerja Kefarmasian, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.
Hulu, Victor Trismanjaya dan Taruli Rohana Sinaga. 2019. Analisis Data Stasistik Parametric Aplikasi SSPS dan Statcal. Medan. Yayasan Kita Menulis
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republic Indonesia Nomor 58 Tentang Stantar Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jakarta
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 74 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas.Jakarta.
Kotler, P., keller, KL. 2007. Manajemen pemasaran, jilid 1 edisi kedua belas, PT. indeks, Jakarta
Kotler, P., Keller, KL. 2009. Dasar-Dasar Pemasaran. jilid 2. Edisi kedua belas. PT. gelora aksara pratama, Jakarta.
Moenir. A.S. 2010, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta, 2010
Nurlaili, 2019. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas. Aceh.
Nursalam. 2003. Konsep & penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Permenpan RB no 14 tahun. 2017. Tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Pohan, I. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Jakarta; EGC.
Rangkuti, F., 2003. Bisnis Plan Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Roharjo, B., 2015. Belajar Otodidak Framework Code Ingniter. Bandung: Informatika
Supranto, J. 2003. Metode Riset Aplikasinya dalam Pemasaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Syamsuni. A. 2006, Ilmu Resep. EGC. Jakarta.
Yuniar, Y., Handayani, R.S. 2016, Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia. 6(1), 39-48.

Downloads

Published

2021-10-19