ANALISIS TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI TK MARKUS MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Mei Lyna Girsang Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Maria Friska N Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Arman Bemby Sinaga Fakultas Sains dan Teknologi Informasi, Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Hilda Nainggolan Fakultas Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

Keywords:

Motorik Kasar, Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 5- 6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di TK Markus Medan. Subjek penelitian ini adalah anak-anak di kelas B-Plus One yang berjumlah 13 anak. Adapun jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan pengamatan langsung dan dokumentasi proses pelaksanaan kegiatan motorik kasar anak di kelas B-Plus One. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di kelas B-Plus One TK Markus Medan Tahun ajaran 2020/2021, secara keseluruhan dari 16 indikator dapat dilihat bahwa tingkat pencapaian perkembangan motorik kasar anak kelas B-Plus One di TK Markus Medan dari 13 anak, tidak ada yang berada pada kategori Belum Berkembang (BB), 2 anak atau sebesar 15,38% berada pada kategori Mulai Berkembang (MB), 10 anak atau sebesar 76,92% berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), dan 1 anak atau sebesar 7,7% berada pada kategori Berkembang Sangat Baik (BSB).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Maria Friska N, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Sari Mutiara Indonesia

mohon di review jurnal saya. terima kasih.

References

Indraswari, Lolita. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Mozaik di Taman Kanak-Kanak Pembina Agam. Jurnal Pesona PAUD Vol. 1. No. 1.
http://ejournal.unp.ac.id. Diakses tanggal 15 Februari 2021.
Mahmud, Bonita. 2018. Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Didaktika Jurnal Kependidikan Volume 12, No. 1.
https://doi.org/10.30863.didaktika. v12i1. Diakses tanggal 05 Mei 2021.
Marsella, Della. 2020. Peningkatan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Senam Irama di PAUD Anugrah Asiyiyah Kota Bengkulu. Fakultas Tarbiyah dan Tadris. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Bengkulu.
Suyadi, dkk. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-09-11