ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI PANCASILA ANAK DI TK NEGERI 1 PEMBINA MEDAN

Main Article Content

Jihan Aqilah
Firanti Tri Nur Adana
Vivi Aulia Azahra
Zhal Zha Novianti
Eka Santi Sinamo
Artha Mahindra Diputra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan anak mengenal dan mencocokkan symbol, bunyi, dan sikap yang mencerminkan nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif yaitu jenis penelitian yang menitikberatkan terhadap pengukuran dan penjabaran hubungan sebab akibat dengan bermacam– macam variabel. Subjek penelitiannya adalah anak usia 5 – 6 tahun sebanyak 13 murid di kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam mengenalkan nilai–nilai Pancasila untuk anak tidak hanya menjadi tanggung jawab dan tugas guru, melainkan tanggung jawab serta tugas orangtua dirumah, dan dari hasil observasi peneliti menggunakan instrument checklist dapat disimpulkan capaian perkembangan nilai Pancasila kelas B TK Negeri 1 Pembina Medan sudah berkembang sesuai Harapan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aqilah, J., Adana, F. T. N., Azahra, V. A., Novianti, Z. Z., Sinamo, E. S., & Diputra, A. M. (2023). ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI PANCASILA ANAK DI TK NEGERI 1 PEMBINA MEDAN. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 69–73. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3931
Section
Articles

References

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.

Wicaksono, V. D. Penngembangan Komik Digital Untuk Materi Pengamalan Nilai-nilai Pancasila Dalam Permainan Tradisional Kelas V SD.

Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Aanak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5041-5051.

Kamila, Jenisa Tasya & Dewi, Dinie Anggreini. (2021). Pentingnya Mengenalkan Pancasila Contoh Penerapan Nilai – Nilai Pancasila Sejak Anak Berusia Dini. Indonesia Journal Of Islamic Studies. VOL.2(2). HAL 81-92.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain, Yogyakarta, Jurnal Ilmiah Guru.

Pepbriana, Putri Hana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini, Jurnal Obsesi, VOLUME 1 ISSUE 1, PAGES 1-11.

Most read articles by the same author(s)