MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN JODOH PANCASILA

Main Article Content

Vivi Aulia Azahra Vivi
Jihan Aqilah
Firanti Tri Nur Adana
Muftila Alsiana Putri
Sri Hariyanti Manurung
Jamaludin

Abstract

Dengan berkembangnya zaman dan meningkatnya derajat globalisasi, salah satu dampak negatif yang ditimbulkan adalah merosotnya budaya dan sikap nasionalis. Hal ini sebagai jawaban atas permasalahan tingkah laku yang menjadikan anak kurang memiliki rasa nasionalisme, maka dalam konteks globalisasi saat ini diperlukan solusi untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak yaitu pengabdian masyarakat untuk meningkatkan rasa nasionalisme anak melalui permainan papan jodoh pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada anak usia 5-6 tahun dengan menerapkan papan jodoh pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang digunakan untuk pengumpulan data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai kebangsaan menggunakan media papan jodoh pancasila, agar anak menjadi penyayang terhadap sesama manusia, saling bertoleransi, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, bangga terhadap bangsa Indonesia, dan bangga terhadap bangsa Indonesia. ibu pertiwi Indonesia tidak kalah dengan yang lain, Mampu mengakui hak dan kewajiban yang sama dan sederajat antara sesama manusia dan sesama bangsa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Vivi, V. A. A., Aqilah, J., Adana, F. T. N., Putri, M. A., Manurung, S. H., & Jamaludin, J. (2023). MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI ERA GLOBALISASI PADA ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PAPAN JODOH PANCASILA. Jurnal Sentra Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 58–62. https://doi.org/10.51544/sentra.v2i1.3854
Section
Articles

References

Luthfillah, N., & Rachman, B. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme dan Patriotisme pada Anak Usia Dini. Journal of Education Research, 3(1), 35–41.

Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E- Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan Addie. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1–8. https://doi.org/10.24036/javit.v1i3.67

Pratomo, W., Sundawa, D., & Kurniati, P. (2022). P2M STKIP Siliwangi Memperkuat Karakter Nasionalisme Warga Negara Muda dengan Pendekatan Ajaran Trihayu. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 25–32.

Rantina, M., Utami, F., & Andika, W. D. (2022). Prototype Media Interaktif untuk Menanamkan Nilai Pancasila untuk Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 156–168.

https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2219 Rinaldi, Kasmanto. Askarial, Askarial. (2022).

Penyuluhan Penanaman Pendidikan Moralitas Dan Nilai Pancasila Pada Anak. COMSEP : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. 3 (2), 170 – 174

Sidiq, Umar. Choiri, Miftachul. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya