FAKTOR ENABLING YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI PADA PESERTA BPJS

Main Article Content

Niakurniawati
Herry Imran

Abstract

Pemanfaatan pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas merupakan indikator yang sangat penting dalam sistem pelayanan kesehatan. Salah satu kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan oleh pemerintah adalah jaminan kesehatan yang disebut BPJS. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor enabling yang berhubungan dengan pemanfaataan pelayanan kesehatan gigi pada peserta BPJS masyarakat desa Sidorejo. Penelitian bersifat analitik dengan desain cross sectional, dilakukan pada tanggal 02-04 Mei 2023 di Desa Sidorejo. Populasi penelitian 340 orang, Sampel penelitian 30 orang menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dengan wawancara. Berdasarkan hasil uji statistik chi-square menunjukkan status ekonomi rendah paling banyak tidak memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak (83,3%) hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai sebesar p= 0,567. Faktor keterjangkauan yang tidak terjangkau paling banyak tidak memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak (95,5%) hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai sebesar p= 0,001. Faktor sarana pelayanan kesehatan kurang baik paling banyak tidak memanfaatkan pelayanan kesehatan sebanyak (91,3%) Hasil uji statistik chi-square diperoleh nilai sebesar p= 0,005. Dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara faktor status ekonomi dengan pemanfaatan pelayanan, ada hubungan keterjangkauan pelayanan dengan pemanfaatan pelayanan dan ada hubungan saranan pelayanan dengan pemanfaatan pelayanan.. Disarankan peserta BPJS agar lebih meningkatkan pemanfaatan fasilitas kesehatan gigi yang ada dipuskesmas.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Niakurniawati, & Imran, H. (2023). FAKTOR ENABLING YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI PADA PESERTA BPJS. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN HIDUP, 8(2), 41–48. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v8i2.4473
Section
Artikel

References

Arifin, R, 2007, Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat http// www. google.co.id.

Anggraini, D. 2012, Hubungan Faktor Perilaku Orang Tua dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak Usia Sekolah di wilayah Kerja Puskesmas Pemancungan Kecamatan Padang Selatan. Universitas Andalas. Skripsi.

Azwar, A, 1996. Pengantar Admiistrasi Kesehatan Edisi Ketiga. PT. Bina Rupa Aksara. Jakarta

, 2007. Pengantar Admiistrasi Kesehatan. PT. Bina Rupa Aksara. Jakarta

BPJS. 2014. Panduan Praktis Pelayanan Gigi Dan Prothesa Bagi Peserta JKN: Jakarta

Indryani. 2013, Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Utilisasi pelayanan Persalinan oleh Pasien Antenatal Care di Rumah Sakit Puri Cinere. Jurnal Kebidanan Indonesia (Journal of Indonesia Midwifery).

Hasbi, H. 2012. Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas PoncolKota Semarang. Jurnal undip.

Hussein, R. D., & Musiana, M. 2016, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Puskesmas oleh Pasien Hipertensi. Jurnal Kesehatan.

Larasati,D, 2012 Hubungan Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Dengan OHI-S Siswa Kelas VII MTs Hasyim Asy'ari Kota Malang. Skripsi Pendidikan Kedokteran Gigi.

Muninjaya, 2013. Mutu pelayanan. Jakarta.

Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. 2016, Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di WIlayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Jurnal.

Nidia. 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Jasa Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Bara-Baraya Makassar [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Nursafa, A. 2015, Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Pasien BPJS 8 Kesehatan di Puskesmas Jumpandang Baru [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Parangka, C. M., Mandagi, C. K., & Engkeng, S. 2017, Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap, dan Pendapatan Keluarga Peserta BPJS dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Wawonasa Kecamatan Singkil Kota Manado.

RISKESDAS, 2018., Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Riset Kesehatan RI

Sugiyono, 2010, Statistika untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Tjandra, Yoga. 2000, Manajmen Administrasi Rumah Sakit, Universitas Indonesia, Jakarta

Tjiptono, 1997. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Air Langga University-Press, Surabaya.

UU No 40 Tahun 2004. Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Widiawati, 2013, Evaluasi Proses Pendataan Program JKN BPJS Kesehatan di Desa Meranti Kecamatan Meranti Kabupaten Landak. Jurnal Kesehatan.