PENGARUH PEER TEACHING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID MIN MESJID RAYA BANDA ACEH

Main Article Content

Nia Kurnia Wati
Elfi Zahara
Herry Imran

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan masalah yang rentan dihadapi oleh kelompok anak usia sekolah dasar. Dari wawancara terhadap 17 murid didapati menderita karies, hanya 5 murid yang memiliki pengetahuan yang baik dan masih ada murid acuh tak acuh tentang kesehatan gigi dan mulut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peer teaching terhadap perubahan perilaku pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut. Sampel dengan menggunakan teknik total populasi sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan intervensi dilaksanakan dengan peer teaching. Desain penelitian adalah quasi experiment with pre-post control group design terhadap 2 kelompok yaitu kelompok intervensi kelas V A (40 murid) dan kelompok kontrol kelas V B (40 murid). Intervensi diberikan dua kali dan rentang waktu antara pre test dan post test selama satu bulan. Penelitian tanggal 19 Juli-06 Agustus 2019. Analisis data menggunakan uji Independent t-test dengan derajat kepercayaan (a=0,05). Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan dalam perubahan pengetahuan, sikap dan tindakan murid sebelum dan sesudah diberikan peer teaching (p=0,001). Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku murid sebelum dan sesudah diberikan peer teaching. Dengan harapan akan ada perilaku siswa yang lebih baik dalam pemeliharaan kebersihan gigi dan mulut, guna mengurangi karies gigi pada anak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wati, N. K., Zahara, E., & Imran, H. (2020). PENGARUH PEER TEACHING TERHADAP PERUBAHAN PERILAKU PEMELIHARAAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA MURID MIN MESJID RAYA BANDA ACEH. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN HIDUP, 5(1), 14–21. Retrieved from http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/Kesehatan_Masyarakat/article/view/1215
Section
Artikel