PEMANFAATAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DALAM MENDUKUNG MAHASISWA YANG BERINTELEKTUAL, BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING

Main Article Content

Kesya Nirma Lumbantobing
Sri Wida Harahap
Berkat Hamonangan Panjaitan

Abstract

Penelitian ini berjudul pemanfaatan metode CIRC untuk meningkatkan keterampilan menulis artikel dalam mendukung mahasiswa yang berintelektual, berkarakter dan berdaya saing. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui tingkat efektivitas metode CIRC terhadap keterampilan menulis artikel ilmiah dalam mendukung mahasiswa yang berintelektual, berkarakter dan berdaya saing, serta sekedar sebagai referensi bagi para pembicara serta memberikan manfaat bagi Sekolah Tinggi Ilmu Kesejahteraan (STIKes) Binalita Sudama Medan khususnya dan masyarakat secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan semacam Penelitian Tindakan Kelas, dimana penelitian ini merupakan penelitian yang dapat menawarkan cara dan metode baru untuk meningkatkan dan memperluas keterampilan mengesankan guru dalam mendidik dan mengembangkan pengalaman. Penelitian ini diperuntukkan bagi mahasiswa Sekolah Ilmu Kesehatan Binalita Sudama. Pengumpulan data dilakukan melalui metode memberikan teks menulis pada mahasiswa yang diteliti. Analisis data penelitian dilakukan melalui proses evaluasi yang berulang- ulang yang terdiri atas empat tahap penting yang saling berkaitan dan konsisten, yakni 1) penyusunan, 2) pelaksanaan (acting), persepsi (noticing), 4) refleksi (reflecting).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lumbantobing, K. N., Harahap, S. W., & Panjaitan, B. H. (2023). PEMANFAATAN METODE CIRC UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL DALAM MENDUKUNG MAHASISWA YANG BERINTELEKTUAL, BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(2), 37–43. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v8i2.4723
Section
Artikel

References

Kristyanawati MD, Suwandi S, Rohmadi M. Improvement of Exposition Text Writing Motivation and Skills Through the Application of the Problem Based Learning Model. Budapest Int Res Critics Linguist Educ J. 2019;2(2):278–87.

Andriani L, Syihabuddin S, Sastromiharjo A, Anshori D. Pengaruh Proses Menulis dan Kognitif terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa. Diglosia J Kaji Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 2023;6(2):275–88.

Sukirman S. Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. J Konsepsi. 2020;9(2):72–81.

Widiati U. Pembelajaran Membaca- Menulis Terpadu Melalui Buddy Journals untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Jurusan Sastra Inggris dalam Bahasa dan Seni. J Bhs dan Seni, J Bhs Dan Seni. 2008;36(2):94–105.

Khuzaemah E, Herawati L. Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Berbasis Life Skills. Indones Lang Educ Lit. 2017;2(2):148–62.

Alwasilah AC. Membenahi perkuliahan MKDU bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Dalam Kaji Serba Linguist untuk Ant Moeliono Pereksa Bahasa. Jakarta BPK Gunung Mulia dan Univeristas Katolik Atma Jaya. 2000;

Anshori DS. Pembelajaran Menulis Ilmiah dalam J Bhs dan Sastra. 2006;6(2):1–17.

Winangi H. Meningkatkan Literasi Digital Dengan Digital Parenting Pada Masa Pandemi. JOEL J Educ Lang Res. 2021;1(4):405–10.

Meliala RM, Palupi R, Septalastiani E. Program Csr Kompas Gramedia Group Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Melalui Gerakan Literasi Nusantara. Akubaca. J Akrab Juara. 2018;3(2):158–71.

Rohim DC, Rahmawati S. Peran literasi dalam meningkatkan minat baca mahasiswa di sekolah dasar. J Rev Pendidik Dasar J Kaji Pendidik dan Has Penelit. 2020;6(3):230–7.

Persadha DAK. Hubungan Kemampuan Membaca Dan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. J Ilm Ar-Risalah Media Ke-Islaman, Pendidik dan Huk Islam. 2018;16(1):51–62.

Arikunto S. dkk. 2008. Penelit tindakan kelas. 2006;

Suharsimi S. Supardi (2006).Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugiyono D. Memahami penelitian kualitatif. 2010.

Parnawi A. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Deepublish; 2020