KONTRIBUSI FUNGSI OTAK TENGAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK
Main Article Content
Abstract
Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam kehidupan manusia, tentu tidak secara kebetulan bahwa otak seakan dilindungi oleh tulang kepala. Kerusakan yang terjadi mungkin akibat benturan dan gangguan lain akan mempengaruhi sistem berpikir secara normal. Otak manusia walaupun memiliki satu tempat, namun secara ilmiah dan fungsinya dapat dibagi dalam beberapa bagian yakni otak besar, otak kecil, otak kiri dan otak kanan yang diantarai oleh otak tengah. Melalui tulisan ini, penulis menguraikan pemahaman tentang kontribusi otak tengah yang tidak kalah penting dari bagian otak yang lain, termasuk dalam meningkatkan prestasi belajar anak.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Agus Abdul Rahman, (2013), Psikologi Sosial, PT Rajagrafindoo Persada, Jakarta.
Arman Yurisaldi, (2010), Mengungkap Misteri Otak Tengah, Pustaka Widyatama, Jakarta.
Dimyati Mahmud, (2017), Psikologi Pendidikan, CV Andi Offset, Yogyakarta.
Djamarah dan Syaiful Bahri, (2015), Psikologi Belajar, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Fuad Ihsan, (2010), Filsafat Ilmu, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Hamid, Hamdani, (2013), Sistem Pendidikan di Indonesia, Pustaka Setia, Bandung.
Hartono Sangkanparan, (2010), Dahsyatnya Otak Tengah, Transmedia Pustaka, Jakarta.
Muhammad Afifi, (2010), Super Jenius Dengan Aktivasi Otak Tengah, Himmah Media Utama, Jakarta.
Muhibbin Syah, (2003), Psikologi Belajar, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Pangkalan Ide, (2008), Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan. PT. Gramedia, Jakarta.
Shigeo Haruyama, (2014), Keajaiban Otak Kanan, PT. Gramedia, Jakarta.
Suharsimi Arikunto, (1990), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Sunaryo, (2004), Psikologi Untuk Keperawatan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta