PENGEMBANGAN DIRI BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN INOVATIF BAGI SISWA-SISWI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KATOLIK BUDI MURNI 6 MEDAN

Main Article Content

Eka Margareta Sinaga
Apriska Dewi Sipayung

Abstract

Indonesia menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, kreatif, inovatif, agar mampu bersaing dalam perkembangan zaman yang semakin maju. Kesejahteraan suatu negara bergantung kondisi masyarakatnya yang dikatakan bahwa peningkatan mutu pendidikan suatu bangsa dapat berbanding lurus dengan budaya berpikir masyarkatnya, diantaranya yaitu budaya berpikir tingkat tinggi. Berpikir kritis dalam pembelajaran IPA bukan hanya tentang mencerna informasi, tetapi juga tentang mengembangkan keterampilan, sikap, dan pemahaman yang diperlukan untuk menjadi individu yang sukses, baik dalam pendidikan maupun dalam karier dan kehidupan sehari-hari. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif adalah pendekatan penelitian yang umumnya digunakan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang bersifat alamiah atau yang telah direkayasa manusia secara rinci dan mendalam. Hasil dari penelitian deskriptif kualitatif ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pelaksanaan kurikulum 2013, termasuk potensi masalah atau tantangan yang mungkin dihadapi dalam implementasinya.Peningkatan literasi sains seseorang secara langsung dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sinaga, E. M., & Sipayung, A. D. (2023). PENGEMBANGAN DIRI BERPIKIR KRITIS, KREATIF, DAN INOVATIF BAGI SISWA-SISWI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SD KATOLIK BUDI MURNI 6 MEDAN. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 8(2), 24–27. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v8i2.4498
Section
Artikel

References

Agustiani, S. A., Syarif, C. R., & Asmawati, L. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui Pemanfaatan Media Power Point Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar SiswA. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 3(2).

Fahmi, F., Abdullah, A., & Irhasyuarna, Y. (2021). Empowering peat lands as a resource of learning natural science to strengthening environment care. The 2nd International Conference on Social Sciences Education, 426-429.

Fahmi, F., Fajeriadi, H., & Irhasyuarna, Y. (2021). Feasibility of the prototype of teaching materials on the topic of classification of lifestyle based on the advantage of local wetland. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(2).

Fahmi & Irhasyuarna, Y. (2019). Pengantar pendidikan: Manusia, pendidikan, dan perkembangan zaman. Banjarmasin: Program Studi Magister Keguruan IPA PPs ULM.

Kurniawan, M., Arif, E., & Asmawi, A. (2021). Hubungan antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 485- 493.

Satrina S, et al. 2023. Pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 068006 simalingkar. jurnal mutiara pendidikan indonesia. Vol 8 (1)

Revised. Emeritus Proffessor: University of Illinois

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.

Yason M,. R.L Holmes. 2022. Intelegensi Ganda Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurna Mutiara Pendidikan Indonesia. Vol 7 (1)