PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP MINAT BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 RANTO DIOR
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Ranto Dior. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasinya seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Ranto Dior, sampelnya 17 orang, teknik samplingnya menggunakan Nonprobabiliti Sampling jenis sampling purposive, instrument pengumpulan data adalah dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test dan uji Multivariate Analisist of Variance (MANOVA) dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS.Hasil penelitian menunjukkanbahwa dari tabel output uji t-test minat belajar peserta didik nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Sedangkan dari tabel output uji t-test prestasi belajar peserta didik diketahui nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05, maka Hoditolak dan Ha diterima. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Ranto Dior. Hal ini dapat dibuktikan dari tabel output uji Multivariate menunjukkan bahwa harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root pada kelompok memiliki signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,033 < 0,05. Artinya harga F untuk Pillai’s Trace, Wilk’s Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root semuanya signifikan. Dengan demikian Hoditolak dan Ha diterima.