PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RANTO DIOR KAB. ACEH TENGGARA

Main Article Content

Maria Friska Nainggolan
Arman Bemby Sinaga
Jheni Yusuf Saragih
Desi Ardana Pratiwi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior  Kab. Aceh Tenggara. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Ranto Dior. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior yang berjumlah 15 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan uji prasyarat yakni menggunakan nilai normalitas dan homogenitas serta analisis statistik dengan menggunakan uji hipotesis. Berdasarkan hasil  analisis data diketahui bahwa ada pengaruh model pembelajaran time token (X) terhadap keterampilan berbicara siswa (Y) kelas IV SD Negeri 1 Ranto Dior Kecamatan Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara, dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel atau 5,586 > 0,514. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran time token terhadap keterampilan berbicara siswa IV SD Negeri 1 Ranto Dior Kabupaten Aceh Tenggara.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nainggolan, M. F., Sinaga, A. B., Saragih, J. Y., & Pratiwi, D. A. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 RANTO DIOR KAB. ACEH TENGGARA. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 7(1), 33–41. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v7i1.2867
Section
Artikel

References

Alfin, J, dkk. 2008. Bahasa Indonesia 1. Surabaya: LAPISPGMI

Asnita & Ummul Khair. Penerapan Model Pembelajaran Time Token untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. Estetik Jurnal Bahasa Indonesia. Vol. 3, no. 1, tahun 2020

Cahyani, I. 2009. Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia.

Carolina, Yo. 2001. Strategi Guru dalam Mengajarkan Keterampilan Berbicara pada Siswa SLTP di Singaraja. Skripsi. (Tidak diterbitkan). IKIP N Singaraja.

Darmawan, D. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dewi,R, dkk., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar IPA siswa SD Kelas VI, ejournal, vol. 2, tahun 2015

Hamdani. 2011 .Dasar-Dasar Kependidikan, Bandung:CV Pustaka Setia

Harsiati, T. 2013. Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas XI. Jakarta : Bumi Aksara.

Huda, M. 2013. Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka

Laksono. 2003. Pengertian dan Hakikat. Jakarta: Media Pustaka

Mulyana, D. 2001. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nawawi, dkk. 2017. Keterampilan Berbicara : Sebagai suatu keterampilan berbahasa. Jakarta : Uhamka Press
Nurgiyantoro, B. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta : Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM

Rohani, A. 1997. Media intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Santosa, P. 2008. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Shoimin, A. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media

Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: TPT Refika Aditama

Tarigan, H. 1990. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa

Winataputra, U. 1987. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Waterhouse

Undang-Undang R.I Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sisdiknas dan Praturan Pemerintah R.I Tahun 2013. (2014). Bandung: Citra Umbara