PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN LKPD INTERAKTIF KELAS IXC SMP NEGERI 1 PEKALONGAN

Main Article Content

Musriyatun Musriyatun

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini  adalah bagaimanakah  proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan hasil belajar, dan bagaimana perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran  menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif  dengan Flipped Classroom  berbantuan LKPD Interaktif  peserta didik kelas IXC SMP Negeri 1 Pekalongan  semester 1 tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif  melalui pembelajaran Flipped Classroom berbantuan  berbantuan  LKPD Interaktif., mendeskripsikan peningkatan hasil belajarnya, serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas yang  berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratasiklus 1 dan 2  meningkat dari  75,86 menjadi87,41.Persentase ketuntasan belajar minimal siklus 1 dan 2  meningkat dari  62% menjadi 90%.Dari hasil observasi menunjukkan peningkatan kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran dari 83% menjadi 100%. Simpulannya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,55, peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 28%dan terjadi perubahan positif dalam perilaku belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Saran Flipped Classroom berbantuan LKPD Interaktif  dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi menelaah teks pidato persuasif, karena memiliki keunggulan dapat merangsang semangat dan menumbuhkan karakter disiplin dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Musriyatun, M. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN LKPD INTERAKTIF KELAS IXC SMP NEGERI 1 PEKALONGAN. JURNAL MUTIARA PENDIDIKAN INDONESIA, 6(2), 184–196. https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2422
Section
Artikel

References

Astuti, M. T. (2019). Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan. Bandung: Penerbit Duta.

Harahap, J. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar SiswaDalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Universitas Jambi.

Ranem, R. (2008). Pentingnya Unsur Kebahasaan dalam setiap kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2). Retrieved from https://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-3-no-2-ranem.pdf

Subyantoro, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. semarang: UNNES Press.