PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENELAAH STRUKTUR KEBAHASAAN TEKS PIDATO PERSUASIF MELALUI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN LKPD INTERAKTIF KELAS IXC SMP NEGERI 1 PEKALONGAN
Main Article Content
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah proses pembelajaran, seberapa banyak peningkatan hasil belajar, dan bagaimana perubahan perilaku peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif dengan Flipped Classroom berbantuan LKPD Interaktif peserta didik kelas IXC SMP Negeri 1 Pekalongan semester 1 tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan proses pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks pidato persuasif melalui pembelajaran Flipped Classroom berbantuan berbantuan LKPD Interaktif., mendeskripsikan peningkatan hasil belajarnya, serta mendeskripsikan perubahan perilaku siswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratasiklus 1 dan 2 meningkat dari 75,86 menjadi87,41.Persentase ketuntasan belajar minimal siklus 1 dan 2 meningkat dari 62% menjadi 90%.Dari hasil observasi menunjukkan peningkatan kedisiplinan dan tanggung jawab peserta didik dalam proses pembelajaran dari 83% menjadi 100%. Simpulannya terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 11,55, peningkatan ketuntasan belajar klasikal sebesar 28%dan terjadi perubahan positif dalam perilaku belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Saran Flipped Classroom berbantuan LKPD Interaktif dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi menelaah teks pidato persuasif, karena memiliki keunggulan dapat merangsang semangat dan menumbuhkan karakter disiplin dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran
Downloads
Article Details
References
Astuti, M. T. (2019). Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan. Bandung: Penerbit Duta.
Harahap, J. (2017). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar SiswaDalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII D SMP Negeri 7 Muaro Jambi. Universitas Jambi.
Ranem, R. (2008). Pentingnya Unsur Kebahasaan dalam setiap kompetensi Dasar mata pelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Inovatif, 3(2). Retrieved from https://jurnaljpi.files.wordpress.com/2009/09/vol-3-no-2-ranem.pdf
Subyantoro, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. semarang: UNNES Press.